7 Tips Jitu Untuk Bisa Langsing Setelah Melahirkan

Ingin segera langsing setelah melahirkan? Simak dulu tips jitu langsing setelah melahirkan beberapa yang aman berikut ini.

0
139
views

Tips Jitu Langsing Setelah Melahirkan – Ketika masalah berat badan menjadi persoalan Anda pasca melahirkan, mungkin kini saatnya Anda mencoba sejumlah tips mudah yang bisa Anda coba untuk membantu melangsingkan kembali tubuh Anda dengan cara aman dan sehat.

tips jitu langsing setelah melahirkan
7 Tips Jitu Untuk Bisa Langsing Setelah Melahirkan (sumber:familyhealthdiary.co.nz )

Bagaimanapun kita tidak bisa mengabaikan seorang ibu harus menyusui anaknya dan juga perlu menjaga kondisi tubuhnya karena akan disibukan dengan aktivitas merawat anak yang bisa menguras energi.Jadi tentu saja, ibu muda tidak bisa sembarangan diet.

Salah-salah akan menurunkan kualitas ASI dan menurunkan kebugaran ibu.
Meski demikian, bila kegemukan yang dialami ibu muda tidak segera diatasi, akan menyebabkan efek obesitas di jangka panjang. Jadi sekalipun tentu akan memakan waktu, cobalah untuk tetap menurunkan berat badan dengan perlahan-lahan.

Tips Jitu langsing Setelah Melahirkan

1. Berikan ASI untuk bayi Anda

Menyusui adalah solusi cepat untuk membantu Anda membakar energi. Menyusui juga ternyata cara mudah untuk menyingkirkan kelebihan lemak dalam tubuh tanpa Anda perlu bergerak.

Terbukti bahwa setidaknya 60% ibu menyusui akan mengalami penurunan berat badan setelah masa 4 bulan hanya dengan memberikan ASI eksklusif dengan maksimal. Ini karena susu yang diproduksi tubuh Anda dibentuk dari cadangan lemak yang tersimpan dalam tubuh.

2. Jangan lakukan diet ketat

Bila Anda rasa sekedar memberikan ASI eksklusif tak cukup melangsingkan setelah melahirkan, Anda juga bisa untuk mulai mengatur pola makan. Tetapi jangan menerapkan konsep diet ketat yang membuat Anda mengurangi porsi makan.

Bagaimanapun ibu menyusui akan membutuhkan energi sebanyak 2500 – 3000 Kkal dengan kecukupan nutrisi seimbang untuk membantu menunjang kebugaran ibu dan tumbuh kembang bayi.

3. Upayakan kombinasi makanan

Alih-alih diet ketat dan mengurangi porsi makan, coba untuk melakukan kombinasi makanan. Coba untuk kurangi porsi karbohidrat dan gula dengan asupan protein, buah dan sayuran.

Sayuran sendiri memiliki manfaat lebih bagi ibu menyusui, selain membantu mensuplai serat ke dalam tubuh. Sayuran akan membantu meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI. Semakin baik kualitas dan kuantitas ASI yang diproduksi semakin efektif, proses diet berjalan.

4. Minum lebih banyak

Untuk memproduksi susu, tubuh ibu menyusui membutuhkan banyak suplai air. Air juga dibutuhkan untuk membantu menjaga sirkulasi darah tetap berjalan baik. Mengingat pada masa-masa ini ibu juga sedang mengalami masa nifas.

Secara medis, air terbukti membantu mendorong metabolisme, membantu mengurangi dorongan untuk makan berlebihan dan meningkatkan kinerja pembakaran lemak. Jadi pastikan untuk minum setidaknya 10 gelas sehari, selama masa menyusui.

5. Lakukan latihan

Anda mungkin kerap merasa kelelahan pada awal masa-masa setelah persalinan. Baik karena efek kelelahan pasca persalinan yang belum pulih, juga karena Anda mungkin kerap kekurangan waktu istirahat semenjak harus merawat si kecil.

Tetapi coba untuk tetap melakukan latihan fisik ringan. Bila perlu manfaatkan waktu kebersamaan Anda dan buah hati untuk aktivitas fisik seperti sekedar berjalan keliling lingkungan atau yoga ringan dengan si kecil. Ini membantu Anda mempererat hubungan dengan si kecil dengan efek pembakaran kalori yang lebih besar.

6. Cobalah untuk menjaga kuantitas tidur Anda

Masalah tidur selalu menjadi masalah klasik kebanyakan ibu muda di awal-awal masa setelah persalinan. Tubuh yang terlalu lelah ditambah dengan ulah si kecil yang masih memiliki jam tidur tidak teratur membuat jam tidur Anda kerap terganggu.

Kekurangan tidur adalah salah satu penyebab obesitas. Anda bisa mengalami gangguan hormonal dan metabolisme yang memicu efek obesitas. Dan karenanya selalu upayakan untuk mendapatkan waktu tidur di sela aktivitas Anda. upayakan jam tidur Anda tetap mencukupi meski terputus-putus.

7. Jaga mood baik

Dalam riset the American Dietetic Association (ADA) ditemukan fakta ibu muda dengan kondisi emosi dan mood yang lebih baik dan stabil cenderung lebih mudah untuk langsing setelah melahirkan.

Sementara efek pasca persalinan kerap menyebabkan perubahan hormonal yang membuat mood mudah berubah. Bila ibu tidak mendapatkan cukup dukungan dari lingkungan mereka, ibu akan mudah stress bahkan depresi, kondisi yang menyebabkan ibu mudah menjadi gemuk.

Demikian tadi, 7 tips jitu langsing setelah melahirkan yang sebenarnya mudah sekali Anda terapkan selama Anda menjalankan hari Anda pasca persalinan. Dan cara-cara ini akan membantu Anda cepat langsing setelah melahirkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here