7 Tips Diet Sehat Ibu Menyusui Yang Aman

0
139
views

Tips Diet Sehat Ibu Menyusui – merupakan tips yang bermanfaat untuk para ibu yang telah melahirkan dan ingin perutnya kembali langsing. Seorang wanita yang baru melahirkan akan merasa perutnya lebih ringan.

Namun pada kenyataannya masih ada berat bayi (baby weight) yang masih harus dihilangkan. Apa itu berat bayi (baby weight)? Baby weight adalah naiknya berat badan wanita selama mengandung, yang tertinggal sesudah bayi dilahirkan. Dengan disiplin dan kebiasaan makan yang tepat, Anda dapat menghilangkan “berat bayi” (baby weight) dari tubuh.

Jika Anda mengkonsumsi makanan seimbang dan sehat serta melakukan olahraga secara teratur, maka Anda akan berhasil menghilangkan berkilo-kilo berat badan dan pada waktu yang sama bayi Anda tidak akan kekurangan gizi. Menyusui merupakan tahap yang penting sekali bagi bayi, oleh karena itu Anda harus mengkonsumsi makanan yang bergizi dan sehat.

7 Tips Diet Sehat Ibu Menyusui Yang Aman
7 Tips Diet Sehat Ibu Menyusui Yang Aman(Sumber: www.familyhealthdiary.co.nz)

Selama tahap ini, hal terakhir yang bisa Anda pikirkan yaitu menurunkan berat badan ketika menyusui dengan diet sehat ketat atau mengikuti diet sehat gaya baru, dan mengikuti tips tips diet sehat ibu menyusui ini.

7 Hal yang harus diperhatikan tentang tips diet sehat ibu menyusui:

1. Ibu yang sedang menyusui sebaiknya mengkonsumsi buah dan sayuran

Ketika masa menyusui, jangan lupa untuk memasukkan daftar jenis sayuran dan buah buahan ke dalam daftar menu diet Anda. Sayuran dan buah buahan dapat memberikan asupan mineral dan vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh dan juga secara tak langsung bisa bermanfaat untuk kesehatan bayi Anda.

Selain itu, buah dan sayuran dapat memberikan komponen cairan ke tubuh Anda dan sangat membantu dalam pembentukan air susu ibu (ASI).

Artikel lain: Cara Menjalani Diet Sehat Tanpa Rasa Lapar Berlebih

2. Ibu menyusui harus diberi asupan protein yang cukup.

Makanan untuk ibu menyusui harus kaya akan protein. Protein berfungsi memberi Anda energi dan kekuatan serta dapat menguatkan otot bayi. Bila tubuh Anda kurang mendapat asupan protein, maka Anda akan merasa cepat lelah dan pasokan ASI Anda dapat terpengaruh.

3. Gandum murni untuk makanan sehari hari.

Daripada menggunakan beras, olahan tepung gandum atau olahan tepung lainnya sebagai makanan pokok sehari hari, lebih baik mengkonsumsi biji bijian dan gandum (sereal). Biji bijian dan gandum (sereal) dapat memperlambat pelepasan karbohidrat dengan baik. Karbohidrat sangat dibutuhkan tubuh sebagai penghasil energi. Gandum murni yang masih alami lebih baik daripada gandum yang sudah diolah.

4. Ibu menyusui membutuhkan konsumsi lemak

Selama masa menyusui, tubuh membutuhkan asupan lemak sebagai sumber tenaga yang berperan dalam memproduksi ASI serta pembawa vitamin yang larut dalam ASI. Tapi bukan asupan lemak jahat, mengkonsumsi lemak jahat tidak hanya mengakibatkan penyakit jantung tapi juga dapat meningkatkan berat badan.

Sedangkan lemak yang diperlukan bagi ibu menyusui  yaitu lemak tak jenuh seperti omega-3 dan omega-6 yang banyak terdapat di ikan salmon, tuna, tongkol, minyak kedelai, minyak jagung.

5. Jangan lupa untuk mengkonsumsi air

Air putih sangat penting bagi ibu menyusui dan termasuk minuman yang paling baik untuk kesehatan. Rata rata ibu yang sedang menyusui setidaknya harus mengkonsumsi 12 sampai 16 gelas air putih setiap harinya. Setiap gelas harus berisi air sekitar 150 sampai 180 ml. Air dapat membantu menjaga agar tubuh bebas dari racun dan selalu terhidrasi serta menjadikan tubuh terasa segar.

6. Ibu menyusui membutuhkan ikan dan daging untuk memenuhi gizi yang seimbang.

Mungkin ada yang mengatakan bahwa mengkonsumsi daging selama menyusui bisa tidak bermanfaat, tetapi jangan lupa daging termasuk sumber protein dan mengandung omega 3 asam lemak yang bagus. Oleh karena itu, sertakan daging dalam menu diet sehat ibu menyusui Anda agar dapat menurunkan berat badan.

Sekali kali cobalah mengkonsumsi daging tanpa lemak atau daging putih, seperti potongan daging unggas tanpa lemak ayam dan kalkun. Sedangkan daging putih misalnya sebagian besar makanan laut. Pilihlah ikan yang mengandung merkuri rendah.

7. Olahraga Ringan

Diet sehat ibu menyusui tidak akan berguna jika Anda tidak melakukan olahraga. Oleh karena itu lakukan olahraga meskipun olahraga ringan seperti berjalan selama 30 hingga 45 menit setiap hari.

Pada awal menyusui Anda tidak sebaiknya tidak melakukan aktivitas atau olahraga yang berat namun sedikit aktivitas fisik dapat membuat Anda aktif bergerak.
Konsultasi dengan dokter agar dapat mengetahui olahraga jenis apa yang cocok untuk Anda lakukan.

Jika Anda mengikuti 7 tips diet sehat ibu menyusui secara rutin maka berat badan Anda dapat turun. Meski demikian penting untuk tetap bersabar dan biarkan berat badan perlahan turun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here