Penyebab Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil Yang Perlu Anda Ketahui

0
346
views

Penyebab Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil – Sebagai seorang wanita, pasti pernah mengalami ataupun melihat kaki bengkak yang dialami oleh ibu hamil. Ketika seorang wanita sedang hamil, maka wajar jika mengalami beberapa masalah baik mual, muntah, sakit pinggang maupun bengkak pada kakinya.

Kaki bengkak ini biasanya akan dirasakan ketika masa akhir dari sebuah kehamilannya. Meski ibu hamil mengalami bengkak pada kaki namun, masih banyak yang belum mengetahui penyebab kaki bengkak pada ibu hamil tersebut. Sehingga perlunya artikel ini untuk menjelaskan hal tersebut.

penyebab kaki bengkak pada ibu hamil
Penyebab Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil Yang Perlu Anda Ketahui (Sumber: index.hr)

Penyebab Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil

Bagi para suami ketika melihat istrinya ketika hamil mengalami kaki bengkak maka janganlah panik. Hal ini tidak perlu untuk ditakutkan. Berikut penyebab kaki bengkak tersebut :

1. Adanya Kelebihan Cairan

Sudah maklum diketahui jika seorang ibu hamil akan bertambah pula berat badannya. Hal ini disebabkan karena adanya proses hormonal yang terjadi dalam tubuh ibu hamil. Sehingga air dalam tubuh ibu hamil akan tertahan. Proses metabolisme dalam ibu hamil juga akan meningkat. Hal ini dikarenakan untuk memenuhi kebutuhan janin yang dikandungnya.

Cairan yang tertahan tadi nantinya akan memenuhi pembuluh darah. Namun karena proses kehamilan ini memakan waktu yang lama maka cairan tersebut akan ikut merembes ke jaringan di sekitarnya dan pada akhirnya juga akan merembet ke kaki sehingga mengakibatkan bengkak. Hal ini sangatlah normal terjadi bagi seorang ibu hamil.

2. Dikarenakan Malas Bergerak

Kurang gerak pada ibu hamil juga akan mengakibatkan kaki bengkak. Hal ini terjadi akibat kelebihan cairan yang dialami ibu hamil sehingga malas untuk bergerak.

Darah yang ada di dalam pembuluh darah yang posisinya berada di bagian bawah tentunya membutuhkan pergerakan dari otot kita untuk memompa ke atas darah kita. Dan apabila tidak bisa naik ke atas maka darah juga akan bisa mengakibatkan bengkak di kaki ibu hamil.

3. Aliran Darah Yang Kurang Lancar

Penyebab yang ketiga adalah kelanjutan dari penyebab pertama dan kedua tadi. Dengan adanya kelebihan cairan maka darah tidak langsung di pompa menuju jantung kita. Hal ini juga yang akan mengakibatkan kaki bengkak.

Tips Mudah Cara Mengatasi Penyebab Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil

Setelah kita mengetahui beberapa penyebab kaki bengkak yang dialami oleh ibu hamil, maka kita juga sangat perlu untuk membahas bagaimana cara penanganannya.

Di bawah ini beberapa tips dalam rangka membantu mengurangi kaki bengkak pada ibu hamil yang bisa dilakukan di rumah:

1. Mengurangi Waktu Berdiri Yang Terlalu Lama

Hal ini sudah kita ketahui bersama jika faktor dari gravitasi sera kurangnya gerak antara otot yang ada di kaki akan membantu menyebabkan bengkak pada ibu hamil yang semakin parah. Untuk itu bagi setiap ibu hamil yang sudah berumur tua kehamilannya, maka mulailah mengurangi aktivitas yang menyebabkan berdiri dalam waktu yang lama

2. Gerakanlah Kaki Ibu Hamil

Tips selanjutnya adalah menggerakkan kali ibu hamil tersebut. Dengan menggerakan kaki berarti telah membantu melancarkan aliran darah dari kedua kaki ibu hamil menuju ke jantung.

Gerakan yang harus dilakukan dengan cara memutar pergelangan kedua kaki ibu hamil, juga bisa dilakukan pemijatan di daerah betis. Pemijatan yang bisa dilakukan cukup dengan pemijatan ringan dari atas ke bawah.

3. Hindari Penggunaan Sandal Yang Sesak Dan Juga Sepatu Yang Sesak

Dianjurkan menggunakan alas kaki yang longgar bagi ibu hamil yang mengalami bengkak pada kakinya. Hal ini dikarenakan membantu untuk melancarkan perembesan cairan sehingga pembekasan bisa di tanggulangi.

4. Lakukan Duduk Berbaring Dengan Kaki Di Letakan Di Tempat Yang Lebih Tinggi

Cara yang satu ini juga sangat mudah jika dilakukan bagi ibu hamil. Ketika ibu hamil sedang duduk maupun tidur, bisa ditambahkan sanggahan bantal atau yang lainya di bawah kedua kaki. Hal ini sangat berguna sekali karena bisa membantu melancarkan aliran darah anda ke jantung.

5. Berolahraga Serta Mengatur Pola Makan

Mengatur pola makan dan berolahraga secara teratur juga sangat penting dilakukan bagi ibu hamil yang memiliki keluhan bengkak pada kakinya. Pola makan yang dimaksud di sini adalah dengan mengkonsumsi garam dengan cukup. Berolahraga juga cukup dengan berjalan kaki ataupun lari-lari kecil di dalam rumah kita. Hal ini akan membantu mengurangi bengkak pada kedua kaki ibu hamil.

Demikianlah artikel mengenai Penyebab Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here