Kenali Macam Macam Penyakit Pada Musim Hujan

0
237
views

Penyakit Pada Musim Hujan – Pada musim hujan seperti saat ini banyak sekali muncul macam macam penyakit pada musim hujan. Berikut ini adalah beberapa macam penyakit yang datang saat musim hujan tiba yang harus kita waspadai.

penyakit pada musim hujan
macam macam penyakit pada musim hujan (sumber: theodysseyonline.com)

Pada musim penghujan seperti sekarang ini, seringkali bermunculan berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh hujan. Karenanya Anda harus tetap waspada, apalagi jika terjadi banjir yang memang sangat rentan terjadi sebagai ajang untuk tumbuh dan berkembangnya berbagai macam penyakit.

Beberapa penyakit memang merupakan penyakit yang dapat dikatakan ringan, sehingga banyak orang yang menyepelekannya. Namun tak jarang penyakit saat musim hujan menjadi sebuah wabah yang menakutkan bagi setiap orang.

Maka perlu adanya gerakan dari anggota masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan demi kesehatan lingkungan.

Berikut Penyakit pada Musim Hujan yang Dapat Menyerang Tubuh Manusia

1. Diare

Penyakit pada musim hujan yang pertama adalah diare. Pada musim hujan membuat resiko tercemarnya minuman dan makanan menjadi semakin tinggi yang menyebabkan banyak parasit dan kumat pemicu penyakit diare meningkat.

Untuk dapat mengindari dari penyakit diare, sebaiknya hindari mencuci peralatan dapur dan alat makan dengan air hujan karena air hujan tidaklah higenis.

Jangan pernah sekali kali meremehkan diare,Karena dapat menyebabkan kekurangan cairan pada tubuh. dan untuk pertolongan pertama gunakanlah cairan oralit.

2. Flu

Penyakit yang sering terjadi pada musim hujan selanjutnya adalah flu. Ciri ciri seseorang telah terkena infeksi dari virus influenza adalah mudah lelah, tubuh terasa tidak nyaman seperti, rasa kedinginan, batuk, nafsu makan menurun, nyeri pada otot, dan juga merasa demam.

Untuk dapat menghindari virus ini, maka rajinlah untuk selalu mencuci tangan secara benar untuk dapat mecegah datangnya penyakit ini. Lalu hindari terlalu sering menyentuh hidung dan mulut.

3. Tifus

Penyakit akibat hujan berikutnya adalah tifus. Penyakit tifus ini seringkali terdapat pada air tergenang yang kotor. Karena didalam air yang kotor tersebut terdapat salmonella typhosa yang merupakan kuman pemicu terjadinya tifus.

Untuk dapat menghidari hal itu, maka sangat lah penting untuk memperhatikan makanan serta minuman yang Anda konsumsi, jangan pernah mengkonsumsi jajanan yang tidak higenis, jagalah kesehatan lingkungan Anda, lalu bersihkanlah peralatan makan dengan baik.

4. Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA)

Infeksi saluran pernafasan atas merupakan salah satu penyakit musim hujan. Karena pada musim ini orang orang jadi rentan terkena demam disertai dengan batuk, bersin, pilek, dan sakit tenggorokan.

Jika terkena penyakit tersebut dan tak kunjung sembuh, pergilah ke dokter karena ditakutkan itu merupakan infeksi saluran pernafasan atas. ISPA sangat berhubungan dengan kondisi lingkungan seperti rumah, maka jagalah kebersihannya, dapat juga karena tubuh yang sedang kurang fit.

5. Leptospirosis

Leptospirosis merupakan penyakit yang disebabkan bakteri yang diberi nama lepstpira. Leptospirosis merupakan penyakit yang ditularkan melalui binatang. Tikus merupakan hewan yang bisa menularkan penyakit ini lewat air kencing dan kotorannya.

Ketika banjir, tikus akan berkeliaran disekitar Anda dimana air kencing dan kotorannya akan bercampur dengan banjir. Jika seorang sedang luka, lalu terendam banjir yang telah bercampur dengan kotoran tikus yang mengandung lepstopira, maka akan terinfeksi penyakit tersebut.

6. Demam Berdarah

Saat kondisi hujan, tempat berkembangnya nyamuk jenis aedes aegypti atau nyamuk yang menularkan penyakit demam berdarah menjadi meningkat. Hal tersebut karena saat hujan tiba banyak sekali sampah yang dapat dijadikan tempat nyamuk ini berkembang biak.

Genangan air dapat menjadi tempat istimewa untuk nyamuk jenis ini berkembang biak, jadi apabila nyamuk ini meningkat jumlahnya maka kasus penyakit demam berdarah akan meningkat juga. Jadi jagalah selalu kebersihan lingkungan Anda.

7. Cikungunya

Penyakit pada musim hujan selanjutnya adalah penyakit cikungunya. Penyakit ini diakibatkan oleh virus cikungunya, yang dapat menular ke manusia lewat perantara nyamuk.

Ciri ciri Anda terkena penyakit ini adalah gejala demam yang mendadak, terasa nyeri pada jari kaki, sendi lutut, pergelangan tangan, serta adanya bintik merah pada kulit.

Gejala lain yaitu, sakit kepala, mual, muntah, pembesaran kelenjar getah bening di leher, tapi gejala yang paling sering terjadi adalah nyeri sendi.

Terdapat beberapa macam penyakit pada musim hujan yang lainnya seperti terjadinya penyakit demam tifoid karena bakteri salmonella typhi, penyakit saluran pencernaan, penyakit kulit yang berupa alergi serta infeksi, dan penyakit lainya yang dapat menyerang ketika musim hujan tiba.

Semoga informasi diatas dapat menambah pengetahuan Anda mengenai penyakit apa saja yang dapat muncul ketika musim hujan datang. Terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here