Pengaruh Sinyal Wifi Atau Ponsel Untuk Kesehatan Anda Yang Wajib Diketahui

Berselancar didunia maya memang mengasyikkan namun terdapat pengaruh sinyal wifi atau ponsel untuk kesehatan anda sehingga sangatlah perlu untuk diwaspadai dengan meminimalisirnya.

0
344
views

Berselancar didunia maya memang mengasyikkan namun terdapat pengaruh sinyal wifi atau ponsel untuk kesehatan anda sehingga sangatlah perlu untuk diwaspadai dengan meminimalisirnya.

pengaruh sinyal wifi atau ponsel untuk kesehatan anda
pengaruh sinyal wifi atau ponsel untuk kesehatan anda (sumber: healthambition.com)

Kecanggihan teknologi kini merubah semuanya menjadi lebih modern, semua bisa didapatkan seperti informasi, layanan atau barang-barang yang dibeli secara online menggunakan media sosial. Selain itu, perkembangan teknologi pula, menciptakan beraneka ragam smartphone dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Namun tahukah anda bahwa terlalu sering berselancar di internet, pengaruh radiasi sinyal wifi atau ponsel untuk kesehatan anda bisa sangat terganggu bahkan terdapat bahaya yang disebabkan radiasi hp terhadap kesehatan.

Waspada Terhadap Pengaruh Sinyal Wifi Atau Ponsel Untuk Kesehatan Anda

Segala sesuatu kini sudah menjadi dunia digital sehingga siapapun diwajibkan untuk melek teknologi. Jika tidak maka dipastikan bisa ketinggalan informasi penting disekitar anda. Untuk itu, produsen menciptakan Wifi yang dapat dipasang dirumah atau tempat-tempat tertentu.

Namun banyak juga yang bertanya benarkah wifi berbahaya karena jika terhubung pada router yang memancarkan sinyal WLAN akan berpengaruh pada kesehatan. Sebenarnya hal ini telah dilakukan pengujian ilmiah oleh organisasi kesehatan dunia atau biasa disebut degan WHO (World Health Organization),

WHO, melalui pengujian proyek EMF internasional melakukan pemantauan untuk mengetahui dan mengevaluasi dampak kesehatan dari paparan frekuensi radio yang dapat ditoleransi sekitar 0 – 300 GHz dan tidak diketahui adanya afek terhadap kesehatan manusia.

Namun, frekuensi radio yang melebihi batas tersebut dapat mempengaruhi kesehatan. Oleh karena itu meski frekuensi ditoleransi tidak menutup kemungkinan terdapat efek jangka panjang terhadap kesehatan, karena WHO masih meneliti konsekuensi paparan frekuensi radio tersebut.

Berikut pengaruh yang disebabkan sinyal Wifi atau ponsel:

1. Merusak sel otak

Paparan radiasi yang dihasilkan dari wifi atau ponsel sudah dipelajari oleh WHO dan pengaruh sinyal wifi atau ponsel untuk kesehatan anda adalah rusaknya sel-sel otak.

Hal tersebut sangatlah berbahaya terutama bagi anak-anak karena mereka memiliki otak dan system syaraf yang masih dalam proses perkembangan serta tengkorak yang lebih kecil dan tipis. Biasanya mudah lelah dan sakit kepala menjadi gejala awal jika terkena radiasi yang terlalu sering.

2. Resiko serangan jantung

Dampak radiasi dari sinyal wifi  yang paling berbahaya dikarenakan hasil dari gelombang elektromagnetik merupakan peningkatan denyut jantung dimana akan menjadi serangan jantung jika selalu terkena radiasi secara terus menerus dengan frekuensi yang lebih besar.

Selain itu, kurangnya konsentrasi dan insomnia juga dapat terjadi karena gelombang tersebut mampu mempengaruhi otak terutama pada anak kecil pada daya konsentrasi dan memori jangka panjangnya.

3. Resiko penyakit kanker

Jaringan nirkabel yang menghasilkan gelombang elektromagnetik dari penggunaan wifi dan ponsel meskipun sama-sama cukup rendah namun mampu meningkatkan resiko penyakit tumor atau kanker.

Penyakit tersebut bisa merenggut nyawa secara perlahan-lahan akibat dampak negatif hp bagi kesehatan manusia. Untuk itu, berusahalah untuk menghindari terlalu dekat dengan router atau ponsel dimatikan jika tidak digunakan.

4. Alzheimer

Semua orang tidak mungkin menggunakan ponsel dalam waktu sebentar saja, bahkan para pemuda menggunakannya sambil tiduran. Mereka tidak mengetahui bahwa potensi terpapar radiasi sinyal ponsel tersebut dapat secara langsung sehingga masuk melewati rongga telinga dan menyebar di jaringan otak paling dalam. Dari paparan radiasi itulah yang bisa menyebabkan linglung, kebingungan bahkan daya ingat berkurang atau Alzheimer.

5. Merusak janin

Pengaruh sinyal wifi atau ponsel untuk kesehatan anda selanjutnya terutama bagi ibu hamil yang sangatlah berbahaya yaitu merusak janin yang sedang dikandungnya. Itulah yang menyebabkan banyak dokter melarang ibu hamil terlalu sering menggunakan ponsel karena paparan radiasi yang dihasilkannya mampu menembus jaringan janin dan secara langsung mempengaruhi janin yang sedang dalam proses terbentuk atau bisa keguguran.

6. Gangguan pendengaran

Banyak orang menggunakan ponsel secara berlebihan apalagi saat digunakan untuk telepon dan ditempelkan ke telinga, karena asyiknya digunakan mereka tidak menyadari bahwa radiasi yang dihasilkan dapat mengganggu syaraf pendengaran bagian dalam.

Pada awalnya memang hanya mengakibatkan telinga terasa gatal-gatal namun lambat laun jika kebiasaan tersebut dilakukan setiap hari akan mengakibatkan gangguan pada pendengaran atau tuli.

7. Parkinson

Dikarenakan paparan radiasi yang terus menerus didapatkan oleh syaraf di kepala tentunya akan mengganggu system motoric dan akan menyebabkan otot-oto di daerah otak menjadi tertekan serta merasa lelah sehingga muncul penyakit Parkinson.

Penyakit ini merupakan penyakit degenerative pada sel syaraf yang secara bertahap di otak bagian tengah yang mana berfungsi sebagai pengatur pergerakan tubuh.

Dari beberapa pengaruh sinyal wifi atau ponsel untuk kesehatan anda diatas tentunya sangat mengkhawatirkan jika terjadi pada kita atau orang-orang terkasih. Untuk itu, cara melindungi diri dari radiasi wifi diantaranya adalah men-disconnect Wifi dan menempatkan routernya pada tempat yang jarang digunakan oleh banyak orang.

Ada baiknya mencegah dan meminimalisir segala sesuatu yang tidak baik bagi kesehatan sebelum akhirnya penyakit bersarang pada tubuh kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here