Olahraga Penderita Jantung Lemah yang Aman dan Tepat

0
444
views

Anda penderita jantung lemah? namun suka olahraga? Ayo simak informasi mengenai olahraga penderita jantung lemah berikut ini. Anda harus rutin olahraga ringan untuk mencegah dan mengobati sakit jantung lemah dengan olah raga ringan.

olahraga penderita jantung lemah
olahraga penderita jantung lemah yang aman dan tepat (health.harvard.edu)

Penyakit jantung lemah dapat terjadi ketika jantung anda tidak lagi mampu memompa darah ke seluruh tubuh sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan metabolisme di dalam tubuh. Jika sudah dalam kondisi seperti ini, jantung dapat bekerja dengan baik apabila tekanan pengisian jantung dinaikkan.

Oleh karena itu, untuk mencegah ataupun mengobati jantung lemah anda perlu melakukan olahraga penderita jantung lemah rutin setiap hari agar jantung anda senantiasa sehat.

Untuk anda yang belum mengetahui jenis olahraganya, tidak perlu merasa khawatir disini akan dijelaskan informasi mengenai olahraga ringan untuk kesehatan jantung. Olahraga merupakan cara pengobatan yang sangat ringan sehingga tidak ada alasan bagi anda yang sudah menderita sakit jantung untuk tidak melakukannya. Namun, anda tetap harus memilih olahraga yang tergolong jenis olahraga ringan agar tidak membahayakan kesehatan anda.

Olahraga Penderita Jantung Lemah yang Perlu Anda Ketahui

Untuk mengobati jantung lemah, anda harus melakukan olahraga yang berjenis ringan agar tidak memberatkan kerja jantung anda. Mari simak beberapa olahraga ringan yang dapat mengobati jantung lemah.

1. Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga penderita jantung lemah karena mampu menurunkan darah tinggi dan melemaskan otot – otot syaraf. Olahraga yang satu ini memang sangat memerlukan konsentrasi yang sangat tinggi, namun hal tersebut justru memberikan pernafasan yang baik sehingga dapat membantu kerja jantung.

Perlu anda ketahui yoga sangat memberikan manfaat pada kinerja jantung apabila dilakukannya secara rutin setiap hari sehingga sirkulasi darah dapat terdistribusi ke seluruh tubuh dengan baik. Anda bisa melakukan yoga sebelum atau setelah melakukan olahraga lainnya yang mungkin tergolong lebih berat.

2. Lari Pagi

Lari pagi merupakan olahraga jantung yang dapat dilakukan pada pagi hari untuk menghirup udara segar. Olahraga ini dapat mengobati jantung lemah karena dengan olahraga ini mampu mengurangi lemak di bagian sekitar jantung dan pembuluh darah.

Jika anda melakukan lari di pagi hari maka dapat melatih pernafasan anda, sehingga membantu kerja jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Anda dapat melakukan lari pagi ini dengan lari-lari kecil atau dengan cara berjalan santai, karena untuk penderita jantung tidak boleh melakukan olahraga yang terlalu berat atau yang melelahkan karena dapat memberatkan kerja jantung.

3. Berenang

Bolehkah penderita jantung berenang? Dengan olahraga berenang, semua anggota tubuh dapat bergerak bebas ke semua arah, hal tersebut membuat aktivitas gerak tubuh secara maksimal sehingga dapat meningkatkan denyut jantung dan menyehatkan jantung anda.

Perlu anda ketahui air dapat memberikan resistansi multi arah yang bisa meningkatkan otot dan tekanan darah sehingga berenang mampu melawan jantung lemah maupun jantung koroner. Anda perlu melakukan olahraga secara rutin agar jantung dapat memompa darah ke seluruh tubuh secara efisien karena dengan berenang juga dapat membantu pernafasan pada penderita jantung lemah.

Berenang merupakan jenis olahraga jantung lemah yang dapat anda lakukan dengan berbagai jenis gaya yaitu gaya bebas, gaya katak, gaya punggung dan lainnya.

4. Bersepeda

Bersepeda merupakan olahraga aman untuk penderita jantung karena aktivitas mengayuh sepeda sangat baik untuk kesehatan jantung. Ternyata bersepeda tidak hanya baik untuk kesehatan jantung, bersepeda juga dapat memberikan dampak baik pada organ tubuh lainnya seperti paru-paru, pembuluh darah dan dapat mencegah darah tinggi.

Perlu anda ketahui dengan bersepeda, maka dapat memberikan perasaan bahagia pada diri anda. Jika anda bersepeda secara teratur maka dapat meningkatkan kebugaran kardiovaskular, sehingga dapat menambahkan energi pada tubuh anda untuk beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari.

5. Senam Aerobik

Olahraga senam aerobik ternyata mampu menguatkan jantung lemah, hal ini dapat terjadi karena dengan senam aerobik mampu mengurangi respon berlebihan yang terjadi di dalam tubuh, sehingga jantung tidak merasa kaget ketika anda melakukan kegiatan yang memberatkan kinerja jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Namun, anda memang harus melakukan olahraga senam aerobik ini secara rutin sehingga dapat mengoptimalkan kinerja tubuh. Anda dapat melakukan olahraga ini dalam waktu tiga kali sehari agar tubuh anda tidak terlalu merasa kelelahan.

Jadi itulah seputar informasi mengenai olahraga penderita jantung lemah, dengan berolahraga ringan jantung anda akan terbiasa bekerja secara normal. Mulailah pola hidup sehat sejak dini untuk kesehatan yang lebih baik dimasa depan anda. Kalau bukan kita siapa lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here