Menu Makanan Diet Asam Urat yang Sangat Dianjurkan

0
15
views

Kadar purin yang tinggi pada makanan dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Jika anda penderita asam urat kurangi atau hindari makanan yang tinggi purin dengan menyimak menu makanan diet asam urat yang sangat dianjurkan berikut ini.

menu makanan diet asam urat
Menu Makanan Diet Asam Urat yang Sangat Dianjurkan (asamurattiens.com)

Asam urat merupakan penyakit yang berhubungan dengan asupan makanan yang ada di dalam tubuh. Pada umumnya penyebab asam urat adalah adanya kandungan purin dalam makanan yang dikonsumsi terlalu tinggi sehingga dapat memicu peningkatan asam urat yang ada di dalam darah sehingga anda harus mengkonsumsi menu makanan diet asam urat yang dianjurkan dokter.

Asam urat dapat mengganggu aktivitas sehari-hari sehingga perlu melakukan diet dengan mengkonsumsi makanan yang rendah purin. Menu makanan rendah purin merupakan obat alternatif sebagai pencegah asam urat yang dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh, karena banyak menu makanan yang menyebabkan peningkatan asam urat yang belum kita sadari sebelumnya.

Menu Makanan Diet Asam Urat yang Sangat Dianjurkan

Untuk menjaga kadar asam urat, sebaiknya anda membuat daftar menu makanan diet yang boleh dikonsumsi dan yang dibatasi untuk penderita asam murat. Daftar makanan yang dapat masuk dalam menu makanan diet asam murat adalah sebagai berikut.

1. Sumber protein hewani

Jika anda penderita asam urat, konsumsilah makanan yang dapat memberikan sumber protein. Ada dua jenis protein yaitu protein hewani dan protein nabati. Makanan mengandung protein hewani seperti telur, susu, ada pula menu makanan diet asam urat yang dibatasi yaitu daging, jeroan, kerang, ikan tongkol, dan udang.

Akan tetapi dalam mengkonsumsi makanan yang memiliki sumber protein hewani ini, anda sebaiknya mengkonsumsi memilih menu makanan yang memiliki kandungan lemak yang rendah, sedangkan jika ingin mengkonsumsi makanan dengan porsi yang dibatasi, anda hanya boleh mengkonsumsi makanan tersebut tidak lebih dari 50 gram.

2. Sayuran

Perlu anda ketahui ternyata tidak semua jenis sayuran boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat agar kadar asam urat dalam tubuh dapat terkontrol dengan baik. Sebaiknya anda membuat menu makanan diet asam urat berdasarkan sayuran yang boleh dikonsumsi dan yang di batasi agar memudahkan anda.

Sayuran yang dianjurkan untuk penderita asam urat yaitu wortel, labu siam, kacang pinto untuk asam urat, terong, pare, mentimun, selada, tomat, dan jamur. Dalam mengkonsumsi jamur tidak lebih dari 100 gram per harinya.

3. Sumber protein nabati

Selain mengkonsumsi sumber protein hewani, anda juga bisa mengkonsumsi sumber protein nabati sebagai menu diet asam urat, walaupun tidak sangat dianjurkan. Beberapa sumber protein yang boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat, tetapi dalam mengkonsumsinya harus dibatasi yaitu tempe dan tahu, kacang hijau, kacang tanah, dan kacang kedelai.

Anda hanya boleh mengkonsumsi tempe dan tahu sebanyak 50 gram per harinya, sedangkan anda boleh mengkonsumsi jenis kacang-kacangan hanya sebanyak 25 gram per harinya.

4. Sumber karbohidrat

Selain jus buah dan sayuran untuk asam urat, anda tetap harus mengkonsumsi sumber makanan yang masih memiliki karbohidrat yang tidak terlalu tinggi misalnya bihun, roti, jagung, ubi-ubian, singkong, dan talas. Sehingga anda tetap memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas walaupun tidak memiliki karbohidrat yang cukup tinggi.

Sebaiknya anda mengkonsumsi menu diet yang mengandung karbohidrat ini pada pagi hari agar dapat mengisi energi pada tubuh untuk beraktivitas. Anda harus tetap menjaga kesehatan anda dengan cara sarapan di pagi hari dengan menu makanan yang mengandung karbohidrat.

5. Buah-buahan

Selain mengkonsumsi menu makanan yang bersumber protein hewani maupun nabati, menu diet asam urat juga harus seimbang dengan mengkonsumsi buah-buahan, karena buah-buahan mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh anda sehingga tidak ada buah yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Namun, ada buah-buahan yang sangat dianjurkan untuk anda yaitu buah apel, pisang, ceri, semangka, dan melon. Anda dapat mengkonsumsi buah sebagai jus untuk penurun asam urat tinggi.

6. Minum-minuman

Jika anda mengalami asam urat tidak boleh terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang mengandung soda dan alkohol karena dapat meningkatkan asam urat dan kadar purin dalam tubuh, sehingga kondisi asam urat malah menjadi semakin sulit untuk dikurangi. Selain itu anda juga dibatasi mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh.

Setelah mengetahui informasi mengenai menu diet asam urat, jika anda memiliki asam urat yang tinggi maka konsumsilah makanan dan minuman yang tidak menaikkan kadar darah anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here