3 Langkah Penting Mencegah Kanker Serviks

0
359
views

Mencegah Kanker Serviks – Bagaimana cara efektif untuk mencegah dan menghindari kanker serviks? Temukan beberapa langkah mudahnya mencegah kanker serviks di sini.

Kanker serviks adalah salah satu jenis kanker yang cukup mematikan bagi wanita. Rasionya relatif tinggi hingga sekitar 10 % untuk seluruh kematian akibat kanker. Di Indonesia sendiri jumlahnya kasusnya relatif tinggi dan kebanyakan terdiagnosa saat stadium lanjut akibat minimnya kesadaran masyarakat untuk pemeriksaan dini.

mencegah kanker serviks
3 Langkah Penting Mencegah Kanker Serviks (Picture by
healthsetu.com)

Padahal, kanker serviks justru memiliki keistimewaan bila dibandingkan dengan jenis kanker lain. Karena Anda bisa lebih mudah mencegah kanker serviks dibandingkan jenis kanker lain. Ini karena lebih dari 90% kasus kanker serviks disebabkan oleh efek lanjut infeksi Human Papiloma Virus.

Virus ini sebenarnya memang kerap berada di area vagina dan serviks, yakni leher rahim. Keberadaannya menyebabkan efek infeksi berupa kemunculan kutil atau kista kecil di sekitar area infeksi. Bukan hanya pada area vagina, sebenarnya virus ini bisa terjadi pada area lain termasuk kulit, kaki hingga mulut.

Tidak semua jenis virus HPV ini menyebabkan kanker serviks, hanya sebagian saja seperti HPV 16 dan HPV 18. Dan karenanya tak selamanya infeksi HPV bisa bermuara pada serangan kanker serviks. Sebagian besar bahkan bisa dengan mudah diatasi dengan terapi imunitas dan anti virus.

Cara Efektif Mencegah Kanker Serviks

Sebagaimana dijelaskan kanker serviks termasuk jenis kanker yang mudah dikenali kondisinya sejak awal dan mudah pula dihindari dengan cara yang sederhana. Dan 3 cara mudah untuk menghindar dari kanker serviks ini menurut laman kesehatan ternama webmd.com adalah :

Vaksin Serviks

Vaksin adalah cara terbaik untuk menghindari kanker serviks atau kanker mulut rahim. Dengan vaksin ini tubuh akan mengenali senyawa protein khusus yang dilepas oleh virus HPV dan membentuk imun alami melawan serangan infeksi HPV.

Biasanya vaksin hanya dikhususkan pada jenis virus HPV yang cenderung agresif, seperti virus HPV 16, HPV 18. Terdapat jenis vaksin kuadrivalen yang membuat imun Anda terhadap virus HPV 6, 11, 16 dan 18 juga vaksin nonavalen yang juga membuat imun Anda terhadap serangan virus HPV 31,33, 45, 52, dan 58.

Hanya saja, vaksin ini hanya efektif pada rentang waktu tertentu. Usia paling efektif menurut American Cancer Society adalah 9 – 12 tahun. Tetapi wanita masih bisa mendapatkan manfaat vaksin HPV ini sampai usia 26 tahun.

Lakukan Papsmear

Ini adalah pilihan paling penting untuk Anda lakukan demi menghindari kanker serviks, terutama bila Anda belum melakukan vaksin. Ini semacam tes yang dilakukan dengan memeriksa sampel dari jaringan pada area serviks. Tes ini akan melihat adanya koloni dan sel-sel abnormal pada area serviks.

Anda akan disarankan untuk melakukan papsmear sejak menginjak usia 21 tahun dan terus melakukan tes setidaknya 3 tahun sekali hingga usia 29 tahun. Dan setelah itu bisa dikurangi intervalnya hingga 5 tahun sekali sampai Anda menginjak waktu menopause.

HPV Tes

Ini adalah tes lanjutan bila dari tes papsmear ditemukan adanya koloni abnormal dalam area vagina dan leher rahim Anda. Tes ini juga bisa menjadi pilihan lebih efektif ketika Anda mengalami infeksi vagina pada usia di atas 30 tahun.

Tes ini akan memastikan jenis HPV yang menyerang dan sejauh mana efek infeksi yang berkembang. Dan akan menjadi dasar bagi pihak medis menentukan tindakan lanjutan terhadap kemungkinan pra kanker yang Anda alami.

Selain dengan 3 langkah strategis mencegah kanker serviks di atas, wanita di usia matang dan aktif secara seksual disarankan untuk melakukan sejumlah hal berikut demi dapat mencegah kanker serviks.

Dan beberapa langkah penting untuk mencegah kanker serviks antara lain adalah.

1. Jaga Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat akan membantu tubuh Anda tetap fit untuk menjaga imunitas dalam mencegah infeksi. Konsumsi lebih banyak sayur, buah dan protein dari ikan-ikanan yang kaya asam lemak omega 3. Jaga berat badan Anda dan kebugaran dengan olahraga rutin

2. Pastikan Setia Dengan Pasangan

Kerap gonta ganti pasangan juga meningkatkan resiko kanker serviks. Berganti-ganti pasangan seksual meningkatkan kemungkinan Anda terpapar virus HPV.

3.Gunakan Pil KB Dalam Jangka Terbatas

Efek pil KB terhadap kondisi hormonal tubuh mendorong serviks Anda lebih rentan mengalami infeksi HPV. Beruntungnya sekali Anda berhenti, efek samping pil KB ini langsung bisa hilang.

4. Hindari Rokok dan Alkohol

Rokok dan alkohol rupanya juga bisa memicu kanker serviks. Efek toksin meningkatkan resiko kanker serviks hingga 3 kali lebih tinggi.

Kanker serviks bisa cukup mematikan, tetapi juga cukup mudah untuk dicegah. Perhatian lebih pada kesehatan serviks dan kesehatan tubuh Anda secara general Anda akan membantu Anda mencegah kanker serviks.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here