Inilah Makanan Penyebab Asam Lambung

0
52
views

Nozila.com – Ada beberapa makanan penyebab asam lambung yang memang harus dihindari agar kondisi lambung Anda tetap sehat dengan cara mengatur pola makan yang tepat.

makan penyebab asam lambung
Makanan Penyebab Asam Lambung

Asam lambung memang menjadi salah satu penyakit yang dapat membuat rasa nyeri lambung sehingga berpengaruh pada kesehatan tubuh.

Sebenarnya, asam lambung disebabkan oleh beberapa faktor gaya hidup, akan tetapi faktor utama asam lambung adalah pola makan yang tidak sehat yaitu mengkonsumsi makanan pedas, asam, ataupun makanan yang memiliki kandungan gas yang membuat cara kerja lambung menjadi tidak efektif.

Oleh karena itu, untuk menghindari penyakit asam lambung maka sebaiknya ketahuilah makanan penyebab asam lambung yang sering dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari.

Apabila Anda seringkali merasakan perut melilit, mual, ataupun sesak di dada maka hal tersebut merupakan salah satu gejala asam lambung. Jika sudah merasakan hal tersebut, maka sebaiknya hindari segala hal yang menjadi penyebab asam lambung.

Ubahlah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat, terutama pola makan. Ubahlah menu makan menjadi makanan yang sehat bernutrisi untuk tubuh tetapi tidak memberatkan cara kerja lambung yang dapat membuat lambung menjadi perih ataupun panas sehingga sangat memicu penyakit asam lambung.

Beberapa Makanan Penyebab Asam Lambung Naik

Faktor utama penyebab asam lambung memang berawal dari makanan pedas, asam, dan yang lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya hindari beberapa makanan tersebut agar kondisi lambung menjadi sehat.

Untuk mengetahui beberapa makanan penyebab asam lambung, mari simak penjelasannya berikut ini.

1. Tape dan Ketan

Salah satu makanan yang menjadi penyebab asam lambung naik adalah makanan yang mengandung alkohol seperti tape singkong ataupun ketan. Bagi sebagian besar orang tentunya sangat suka dengan makanan ini karena tidak setiap saat bisa mengkonsumsinya.

Namun, sebaiknya konsumsilah dalam jumlah yang tidak terlalu banyak karena dengan kandungan alkoholnya maka mampu membuat cara kerja lambung menjadi berlebihan sehingga menimbulkan refluks asam lambung yang tinggi.

2. Acar, Tomat, Cuka, dan Asinan

Makanan asam juga menjadi salah satu penyebab asam lambung naik, hal tersebut dikarenakan terlalu banyak makanan asam maka dapat membuat reflux lambung menjadi perih, luka, sehingga dapat membuat cara kerja lambung menjadi lebih berat.

Oleh karena itu, sebaiknya kurangi makanan yang memiliki rasa asam seperti acar, tomat, cuka, asinan, ataupun buah yang memiliki rasa asam untuk menghindari asam lambung naik.

3. Cokelat

Cokelat merupakan salah satu makanan yang mengandung kaffein dan cocain yang sangat tinggi. Sebagian besar wanita biasanya sangat menyukai cokelat karena dapat mengurangi rasa bad mood.

makanan penyebab asam lambung naik
makanan penyebab asam lambung naik

Namun, ketahuilah bahwa sebenarnya cokelat menjadi makanan penyebab asam lambung yang memiliki kandungan kafein sangat tinggi sehingga membuat asam lambung menjadi naik.

Oleh karena itu, kurangi dalam mengkonsumsi cokelat karena sangat mempengaruhi kondisi lambung menjadi tidak sehat dan stabil, bahkan dapat sering membuat perut terasa nyeri ataupun sesak di bagian dada.

4. Daging Sapi

Salah satu makanan penyebab naiknya asam lambung adalah makanan yang mengandung kolestrol sangat tinggi. Salah satu makanan yang memiliki kolestrol tinggi adalah daging sapi.

Bagi Anda pecinta masakan daging sapi maka sebaiknya jangan mengkonsumsinya secara berlebihan.

Ketahuilah daging sapi cukup sulit untuk dicerna di dalam lambung, sehingga daging tersebut akan dicerna dalam jangka waktu yang lama.

dengan lamanya proses pencernaan hal tersebut juga menjadi salah satu penyebab asam lambung naik.

5. Nangka, Kol, dan Sawi

Nah, ternyata berbagai sayuran yang menyebabkan gas di dalam perut juga menjadi penyebab asam lambung menjadi naik. Salah satu jenis sayurannya yaitu nangka, kol, dan sawi.

Apabila Anda mengkonsumsi sayuran tersebut maka dapat menimbulkan gas di dalam lambung yang membuat kondisi lambung menjadi panas, cepat kenyang dan begah. Oleh karena itu, maka sebaiknya jangan mengkonsumsinya terlalu banyak.

6. Sambal dan Saos

Ketahuilah bahwa segala makanan yang pedas juga sangat mampu mempengaruhi kondisi lambung menjadi tidak sehat. karenanya, sebaiknya konsumsilah makanan pedas sewajarnya.

Jangan terlalu banyak mengkonsumsi sambal ataupun cabai. Apabila Anda terlalu banyak mengkonsumsinya maka dapat membuat kondisi lambung perih, panas, dan melilit. Tentunya, hal tersebut memang menjadi penyebab naiknya asam lambung.

Dapat disimpulkan bahwa makanan penyebab asam lambung memang sering dijadikan sebagai menu makanan sehari-hari. Oleh karena itu, setelah Anda mengetahui informasi di atas maka harus menghindarinya atau menguranginya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here