Gejala Penyakit Ginjal dan Pengobatannya yang Ampuh

0
281
views

Penting sekali mengenal gejala penyakit ginjal dan pengobatannya sejak dini. Karena fungsi ginjal begitu vital sebagai filter kotoran makanan dalam tubuh.

gejala penyakit ginjal dan pengobatannya
Gejala Penyakit Ginjal dan Pengobatannya yang Ampuh (medisyskart.com)

Ginjal begitu penting peranannya bagi tubuh manusia. Maka dari itu penting bagi kita mengetahui secara mendalam mengenai gejala penyakit ginjal dan pengobatannya. Secara umum, fungsi ginjal untuk menyaring kotoran makanan yang kita konsumsi dan membuang sisa metabolisme sistem tubuh.

Per harinya ginjal dapat menghasilkan cairan sisa kotoran bersamaan dengan urine sebanyak 750 hingga 1500 ml.

Jika ginjal tidak berfungsi dengan semestinya, maka biasa kita sebut dalam istilah “gagal ginjal”. Kondisi ini menunjukkan ketika sisa metabolisme tidak dapat dikeluarkan dan menjadi toxic bagi tubuh.

Toxic yang tidak dikeluarkan tersebut dapat menimbulkan sakit kepala, rasa mual, muntah dan turunnya kesadaran. Apabila seseorang telah menderita penyakit ginjal maka harus dilakukan pengobatan medis yang tepat.

Gejala penyakit ginjal dan pengobatannya

1. Penyebab Penyakit Ginjal

Secara umum gagal ginjal disebabkan oleh penyumbatan saluran ginjal karena adanya batu ginjal. Selain itu, kurangnya cairan (dehidrasi) saat diare dan tidak diatasi dengan segera, kurang darah saat terjadi luka parah, infeksi serta keracunan zat kimia juga menjadi faktor penyebabnya. Apabila hal-hal tersebut tidak diatasi dengan cepat akan menyebabkan naiknya level penyakit gagal ginjal.

2. Gejala Penyakit Ginjal

Ciri-ciri gagal ginjal awal biasanya mengalami kesulitan bernafas. Hal ini disebabkan karena terjadi penumpukan cairan dalam tubuh. Karena fungsi ginjal yang membuang sisa metabolisme tidak berjalan semestinya.

Penumpukan cairan tersebut akan menyebabkan fungsi paru-paru dalam memasok udara menjadi terganggu. Dimana paru-paru menjadi terisi oleh cairan sisa metabolisme tubuh.

3. Gatal Ekstrim

Gejala awal penyakit ginjal yang lain yakni tubuh merasakan gatal ekstrim. Gatal tersebut dirasa sangat berlebih karena ginjal tidak berfungsi dengan baik.

Akibatnya gatal akan dirasa setiap harinya dan apabila digaruk, kulit menjadi berdarah. Biasanya gatal terjadi di seluruh tubuh namun pada kebanyakan wanita sering terasa di tangan dan bagian kaki.

4. Gejala Sakit Pinggang

Gejala penyakit ginjal lainnya yaitu seseorang akan sering merasakan sakit bagian pinggang walaupun sedang tidak melakukan aktivitas. Rasa nyeri dan sakit pada bagian pinggang muncul karena batu ginjal terjebak dalam ureter (saluran kemih). Besarnya batu ginjal mempengaruhi rasa sakit yang ditimbulkan. Apabila semakin besar, maka semakin sakit pula nyeri yang dirasakan.

5. Sering Pusing

Penyakit gagal ginjal memang sangat penting untuk diketahui. Sering merasa pusing bisa disebabkan karena anemia. Namun anemia juga merupakan salah satu gejala gangguan ginjal. Rasa pusing tersebut diakibatkan kurangnya pasokan oksigen ke otak sehingga sel darah merah di otak pun menjadi sedikit. Maka dari itu penderita ginjal sering merasa pusing yang tak kunjung sembuh.

6. Pengobatan Penyakit Gagal Ginjal

Saat ini telah banyak metode pengobatan penyakit ginjal mulai dari operasi, kemoterapi, radiasi, hingga teknologi canggih seperti ablasi frekuensi radio, cryotherapy hingga terapi kekebalan biologi sehingga membawa harapan kesembuhan bagi penderitanya. Apabila penyakit ginjal sudah terdeteksi sejak dini, maka segera lakukan pengobatan yang lebih tercontrol dan efektif.

7. Cara Mengobati Penyakit Ginjal dengan Metode Operasi

Metode ini dinilai paling efektif untuk pengobatan kanker ginjal. Beberapa cara diantaranya seperti nephrectomy radikal dan neprhectomy parsial. Apabila kondisi pasien memungkinkan, biasanya dilakukan dengan pengobatan nephrectomy radikal. Penting sekali melakukan pemeriksaan secepatnya agar pengobatan dapat dilakukan secara tepat dan cepat.

8. Kemoterapi

Pengobatan penyakit gagal ginjal ini dilakukan dengan menggunakan obat-obatan kimia yang dapat membunuh sel kanker serta menghambat tumbuhnya sel tumor. Namun metode pengobatan tersebut memberikan efek menurunnya sistem kekebalan tubuh dan rusaknya sel-sel jaringan. Oleh sebab itu, banyak pasien yang resisten dengan pengobatan kemoterapi.

9. Cryotherapy

Metode pengobatan baru ini memberikan efek penyembuhan relatif cepat. Di bawah bimbingan penggunaan CT Scan dan Ultrasound, jarum “cryo” diarahkan dalam tumor kemudian dimasukkan gas argon. Sehingga suhu dari tumor semakin merendah lalu dimasukkan helium sehingga berubah “rewarming” dan menjadi beku. Metode ini menyebabkan tumor hancur dalam dua siklus panas dan dingin.

Sekian beberapa penjelasan mengenai gejala penyakit ginjal dan pengobatannya. Apabila gejala-gejala tersebut telah dirasa oleh tubuh, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Setelah itu maka bisa ditentukan jenis pengobatan apa yang tepat dan efektif untuk dijalankan. Bagi yang tidak mengalami gejala di atas sebaiknya melakukan berbagai cara pencegahan penyakit ginjal. Semoga bermanfaat.

penyakit gejala ginjal, gejala ginjal, gejala penyakit ginjal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here