Inilah Diet Sehat Untuk Penderita Darah Tinggi

0
411
views

Diet Sehat Untuk Penderita Darah Tinggi – Hipertensi atau penyakit darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang banyak dialami oleh masyarakat modern saat ini. Gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan yang tidak teratur menjadi penyebab utama seseorang terkena hipertensi atau penyakit darah tinggi.

Penyakit ini mempunyai dampak jangka panjang dan dapat mempercepat terjadinya penimbunan lemak di area pembuluh darah. Kondisi seperti itu jika dibiarkan secara terus menerus maka akan mengakibatkan munculnya serangan jantung, stroke, sakit ginjal, dan penyakit jantung.

Selain menggunakan cara diet sehat untuk penderita darah tinggi, banyak metode dilakukan guna menurunkan tekanan darah agar kembali normal. Misalnya, dengan membatasi jumlah pemberian air minum atau cairan kepada penderita darah tinggi. Tapi, ternyata metode tersebut tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penurunan tekanan darah.

Inilah Diet Sehat Untuk Penderita Darah Tinggi
Inilah Diet Sehat Untuk Penderita Darah Tinggi (Sumber: fourchette-et-bikini.fr)

Di samping itu, penderita hipertensi juga sering dianjurkan untuk menjalani diet rendah garam. Padahal banyak ahli kesehatan yang belum terlalu yakin jika diet rendah garam dapat mengakibatkan tekanan darah menjadi turun. Apalagi jika kandungan natrium pada diet seorang pasien hipertensi di atas 250 gram/hari. Maka, agar berhasil dalam menjalani diet rendah garam untuk menurunkan tekanan darah, Anda harus selalu memperhatikan banyaknya kandungan natrium dalam diet rendah garam yaitu harus berkisar antara 200 sampai 250 mg/hari.

Makanan yang bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi sangatlah banyak dan dapat digunakan sebagai solusi masalah hipentensi. Darah tinggi yang tidak terlalu parah tidak perlu diatasi dengan obat obatan kimiawi, Anda cukup mengkonsumsi beberapa makanan pencegah dan penurun hipertensi.

Berikut ini adalah cara diet sehat untuk penderita darah tinggi:

1. Mengkonsumsi sayuran dan buah buahan

Sayuran dan buah buahan memiliki banyak kandungan vitamin dan serat yang lengkap, terutama vitamin C. Vitamin C bisa membantu menurunkan Hipertensi. Memakan buah dan sayuran seperti tomat, wortel, brokoli, lemon, dan pisang secara rutin tidak hanya mampu menurunkan kadar tekanan darah tinggi, tapi juga mempunyai banyak manfaat lain misalnya mencukupi kebutuhan serat dalam tubuh, meningkatkan sistem imunitas tubuh, dan lain lain.

2. Mengkonsumsi serealia

Serealia bermanfaat menyerap lemak dan mempunyai kandungan serat yang dapat membantu pada waktu proses pencernaan makanan. Serealia merupakan jenis tanaman yang menghasilakan biji atau bulir sebagai sumber karbohidat seperti padi, gandum, jagung.

Pada penderita hipertensi disarankan mengkonsumsi serealia utuh untuk menjaga tekanan darah lebih stabil.  Serealia utuh yang dimaksud adalah makanan yang masih mengandung bran (dedak), germ , endosperm (inti dari biji) yang banyak terdapat pada beras merah dan oatmeal.

Artikel lain: Cara Menjalani Diet Sehat Tanpa Lapar Berlebih

Makanan untuk penderita hipertensi di atas sangat efektif jika dikonsumsi secara rutin. Hipertensi bisa sembuh dan tekanan darah bisa menjadi normal. Kesehatan tubuh memang sangat penting dan harus kita jaga, tubuh yang sehat tanpa penyakit bisa memperlancar Anda melakukan berbagai aktivitas.

Jadi mulai sekarang, ubahlah kebiasaan buruk di dalam hidup Anda yang dapat membuat tubuh menjadi sakit. Ikuti aturan pola hidup sehat dengan memakan makanan yang sehat dan rajin olahraga secara rutin.

Inilah Diet Sehat Untuk Penderita Darah Tinggi
Diet Sehat Untuk Penderita Darah Tinggi (Sumber:thedoctorstv.com)

Makanan yang harus dikurangi pada waktu menjalani program diet sehat untuk penderita darah tinggi yaitu:

a. Semua jenis makanan kaleng maupun makanan yang dalam proses pembuatannya memakai garam dengan kadar yang sangat tinggi.
b. Makanan berlemak.
c. Semua jenis ikan yang banyak kandungan asam lemaknya seperti ikan salmon, ikan dalam sarden, dan makerel.

Hal – hal yang wajib dihindari pada saat menjalani program diet sehat untuk penderita darah tinggi:

a. Hindari berbagai jenis makanan yang mempunyai kandungan garam yang tinggi.
b. Berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol.
c. Hindari merokok.

Orang yang kurang memahami tentang cara diet sehat penurun berat badan biasanya melakukan beberapa kesalahan.

Kesalahan umum yang biasanya dilakukan ketika menjalani diet sehat untuk penderita darah tinggi:

1. Melewatkan makanan utama, tapi mengemil snack atau makanan makanan ringan di sela sela waktu makan utama.

2. Meremehkan kandungan snack, padahal ada beberapa snack atau cemilan yang jumlah kalorinya ternyata banyak. Jadi sebelum memilih snack, periksa dulu label nutrisinya.

3. Menghindari makanan berkalori tinggi tapi beralih ke minuman minuman manis misalnya kopi dengan krim, teh, dan minuman bersoda. Padahal minuman minuman tersebut jumlah kalorinya juga lumayan tinggi.

4. Kurang mengkonsumsi air putih sebab mengira air putih bisa membuat gemuk, padahal air mineral dibutuhkan untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

5. Membuat target penurunan berat badan yang tidak realistis, karena hal ini akan dapat memicu melakukan segala cara supaya berat badan turun drastis termasuk cara diet ekstrim yang kurang sehat. Dan akhirnya malah bisa menyebabkan stress dan makan yang lebih banyak.

cara menurunkan berat badan untuk penderita darah rendah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here