Cara Menjalani Diet Sehat Tanpa Lapar Berlebih

0
289
views

Diet Sehat Tanpa Lapar Berlebih – Merasa lapar ketika sedang menjalani diet adalah hal yang wajar, sebab saat diet tubuh hanya mendapat asupan makanan yang rendah kalori.

Tapi tidak jarang rasa lapar yang berlebih dapat memicu kita untuk melanggar aturan diet sehat seperti mengkonsumsi makanan dan minuman yang berkalori tinggi. Sehingga akhirnya, berat badan tidak mengalami penurunan yang signifikan meskipun sudah menjalani “diet” dalam jangka waktu yang lama.

Cara Menjalani Diet Sehat Tanpa Lapar Berlebih
Cara Menjalani Diet Sehat Tanpa Lapar Berlebih (Sumber:www2.ljworld.com)

Sebenarnya, rasa lapar berlebih itu timbul karena tubuh belum terbiasa, atau bisa juga jumlah kalori yang dikurangi ketika diet terlalu banyak. Padahal ketika menjalani diet sehat yang diperlukan adalah membentuk suatu pola makan baru dengan kalori sedikit agar lebih sehat.

Berikut ini beberapa tips cara menjalani diet sehat tanpa lapar berlebih:

1. Makanlah jenis makanan yang dapat membuat kenyang lebih lama.

Selain banyaknya makanan yang dikonsumsi, nutrisi makanan juga termasuk faktor yang membuat kenyang lebih lama. Carilah makanan yang banyak mengandung serat dan air.

Serat merupakan karbohidrat kompleks yang sulit dicerna sehingga bisa lebih tahan lama ketika di dalam saluran pencernaan. Sama dengan jenis karbohidrat lainnya, serat juga menghasilkan kalori dan energi, tapi tidak terlalu banyak dan lebih tahan lama.

Makanan yang memiliki kadar kalori tinggi biasanya berasal dari makanan yang berlemak dan mempunyai karbohidrat sederhana seperti tepung dan gula. Sebaliknya, makanan yang berkalori rendah biasanya banyak mengandung serat dan air.

Artikel lain: Inilah Daftar Menu Diet Cepat Sehat Dan Murah Sehari Hari

Berikut ini contoh makanan yang mempunyai kalori rendah:

• Sayur dan buah misalnya brokoli, bayam, tomat, wortel, apel, melon, dan buah berry.
• Berbagai macam produk olahan susu.
• Gandum utuh misalnya roti gandum, nasi merah, popcorn, dan pasta gandum.
• Kacang kacangan.
• Lean meat (daging tanpa lemak) dari sapi, ayam dan ikan terutama salmon.

Selain serat, konsumsi ikan dan daging mempunyai kandungan lemak yang baik seperti omega-3, DHA, dan EPA yang membantu merasa kenyang lebih lama. Nutrisi ini juga bermanfaat bagi kesehatan otak, jantung, dan kulit.

2. Boleh makan banyak, tapi kalori harus dibatasi.

Hal ini mungkin bukan menjadi pertimbangan Anda ketika menjalani diet sehat, namun kenyataannya jumlah kalori dari sebuah minuman bisa juga tinggi, bahkan dapat melebihi kalori dari total makanan Anda. Minuman yang rasanya manis seperti minuman bersoda, jus dan sirup dalam kemasan, serta minuman susu dalam kemasan, mempunyai kalori yang tinggi.

Cobalah minuman jus buah tanpa gula sebagai penggantinya. Jus buah mengandung gula alami murni dari buah buahan. Selain itu jus buah dapat membantu anda diet sehat tanpa lapar berlebih karena terdapat kandungan serat dari dalam buah. Dengan demikian, Anda tidak usah mengurangi makanan terlalu banyak dengan mengurangi kalori dari berbagai macam minuman manis.

3. Mengendalikan diri dengan mengontrol porsi makanan.

Porsi makanan yang diambil ketika makan menentukan berapa banyak makanan yang nanti akan masuk ke dalam tubuh. Porsi makanan yang terlalu banyak dapat mempengaruhi kita agar makan berlebih.

Berikut ini beberapa tips mengontrol porsi makanan:

• Jangan memakan dengan membawa toples atau kemasan. Makan seperti itu bisa berpengaruh menghabiskan makanan dalam satu toples penuh. Ambillah porsi sedikit saja dan letakkan toples atau kemasan di tempat makan.

• Biasakanlah mengkonsumsi air putih sebelum makan. Air putih 250 ml dapat mencegah makan terlalu banyak.

• Bila porsi terlalu besar ketika makan di restoran, masukkan makanan yang berlebih ke kotak makanan untuk dibawa pulang.

• Ketika memasak sendiri, gunakan sayuran sebagai bahan utama masakan.

• Makanlah makanan secara perlahan sertakan minum air putih saat mengunyah.

• Jika mengemil, pilihlah cemilan yang berkulit, seperti jeruk dan kacang, sehingga tidak makan tergesa gesa.

• Saat makan, jauhkan sesuatu yang dapat mengalihkan perhatian dari makanan, misalnya TV dan HP. Karena dapat mempengaruhi untuk ingin terus mengambil makanan.

4. Hindari melewatkan dan menunda waktu makan

Memang melewatkan waktu makan sepertinya bagus untuk diet. Tapi malah dapat membuat Anda kelaparan sehingga makan lebih banyak saat waktu makan selanjutnya.

Dengan melewatkan waktu makan, seseorang akan cenderung lebih banyak mengemil sampai waktu makan berikutnya tiba, padahal jumlah kalori total harian akan lebih banyak karena mengemil dibandingkan kalori dari makan biasa.

Itulah  cara diet sehat tanpa lapar berlebih yang bisa kita terapkan, ingat ! diet mulai besok guys.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here