7 Cara Diet Sehat untuk Golongan Darah B yang Terbukti

0
211
views

Diet Sehat Golongan Darah B – Secara statistik golongan darah B adalah golongan darah terjarang kedua sesudah AB. Orang yang mempunyai golongan darah B biasanya mempunyai tubuh yang mudah beradaptasi, sangat cepat menyesuaikan keadaan, dan kekebalan tubuhnya relatif lebih kuat serta keseimbangan sistem saraf yang bagus.

Orang yang mempunyai golongan darah B beresiko cukup rendah terserang penyakit keras yang berhubungan dengan kardiovaskular (peredaran darah dan jantung), tapi cukup rentan terkena infeksi virus dan beberapa penyakit autoimun misalnya sklerosis, lupus, dan kelelahan kronis.

7 Cara Diet Sehat untuk Golongan Darah B yang Terbukti
7 Cara Diet Sehat untuk Golongan Darah B yang Terbukti (Sumber livestrong.com)

Agar tubuh menjadi sehat, pemilik golongan darah B sebaiknya menyeimbangkan konsumsi dengan makanan dari hewan dan tumbuhan. Tapi perhatikan juga beberapa daging yang kurang bagus untuk dikonsumsi.

Berikut ini adalah cara diet sehat golongan darah B yang berisi beberapa jenis makanan dan aturan aturan untuk golongan darah B:

1.Kurangi daging ayam atau daging unggas lain.

Kurangi memakan daging ayam atau unggas lainnya, sebab pada daging tersebut ada protein lektin yang bisa menggumpalkan darah jaringan dalam tubuh sehingga mengakibatkan kelainan sistem kekebalan tubuh. Bila tidak mampu menghindarinya, lebih baik golongan darah B mengkonsumsi daging kalkun.
Konsumsilah daging merah yang banyak misalnya daging kelinci atau daging domba hingga beberapa kali dalam seminggu, jika Anda merasa sangat lelah dan kekurangan energi.

2. Makanan Laut

Kadar protein makanan laut sangatlah tinggi dan berguna bagi kesehatan badan. Mengkonsumsi segala makanan laut lebih banyak seperti ikan salem, halibut, sarden, dan telur ikan, baik dikonsumsi oleh orang dengan golongan darah B, tapi hindari semua jenis kerang kerangan yang banyak mengandung lektin. Karena lektin bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh dan mengakibatkan stres.

3. Produk olahan susu dan telur.

Golongan darah satu satunya yang sangat aman untuk menikmati semua jenis produk olahan susu adalah pemilik golongan darah B. Fisiologi darah dari golongan B memungkinkan proses pencernaan dari produk olahan susu tidak mengakibatkan terlambatnya metabolisme atau stres.

Dari mulai keju cottage, kefir, keju kambing, keju mozarella, susu kambing, susu sapi, dan yoghurt sangat bagus agar dapat menunjang nutrisi yang diperlukan pemilik golongan darah B. Tapi, seperti halnya daging unggas, telur unggas seperti telur angsa, telur puyuh, dan telur bebek tidak baik untuk golongan darah B.

4. Minyak dan lemak

Untuk menjaga kesehatan jantung, dianjurkan untuk menggunakan minyak zaitun saat memasak.

Minyak sawit juga cukup netral untuk dikonsumsi golongan darah B. Jauhi minyak kelapa, minyak kedelai, minyak bunga matahari, dan minyak wijen, sebab reaksinya kurang baik dengan protein yang ada pada darah golongan B.

5. Kacang kacangan

Sebaiknya hindari kacang kacangan, terutama wijen, kacang tanah, dan biji bunga matahari. Kacang kacangan tersebut memiliki kandungan lektin yang bisa menginterferensi pembuatan insulin, sehingga mengakibatkan sistem imun yang tidak seimbang dan dapat memicu kencing manis dalam jangka panjang.

6. Gandum beserta olahannya

Kebanyakan golongan darah B kurang cocok memakan gandum dan olahannya, seperti sereal, roti gandum, pasta gandum, dan biskuit. Gandum mempunyai lektin yang bisa mengurangi efisiensi kerja insulin dan menggagalkan proses pembakaran lemak di dalam tubuh. Di samping itu, gandum dapat mempercepat meningkatnya berat badan golongan darah B.

7. Sayur mayur

Kentang, kembang kol, kubis, wortel, dan peterseli adalah sayuran yang sangat cocok dikonsumsi untuk diet sehat golongan darah B. Asparagus, aprikot, bawang bawangan, mentimun, jamur, sayuran berdaun hijau dan jahe juga netral untuk pemilik golongan darah B.

Pada dasarnya golongan darah B tidak mempunyai terlalu banyak pantangan sayuran, tapi jauhi terlalu banyak mengkonsumsi tomat karena bisa mengakibatkan iritasi pada dinding lambung.

Makanan makanan tersebut merupakan makanan yang ideal untuk diet sehat golongan darah B dan cocok dikonsumsi oleh orang dengan golongan darah B yang tidak mempunyai penyakit tertentu dan tidak mempunyai pantangan.

Bila Anda termasuk orang yang sedang menderita penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter tentang makanan yang sebaiknya dikonsumsi dan dijauhi.

Seimbangkan diet sehat golongan darah B ini dengan melakukan olahraga secara tepat dan teratur. Bagi pemilik golongan darah B, dianjurkan untuk berolahraga dengan intensitas yang menengah, seperti mendaki, bermain tenis, dan berjalan kaki.

sabun mandi yg aman utk gol darah b.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here