Tips Diet Sehat Efektif Atasi Jerawat Secara Alami

Mau bebas jerawat? Coba jajal diet sehat untuk atasi jerawat. Dan temukan informasi mengenai cara atasi jerawat dengan pola makan sehat di sini.

0
241
views

Diet Sehat Efektif Atasi Jerawat – Tahukah Anda bahwa diet dan pola makan Anda sehari-hari rupanya bisa mempengaruhi kecantikan Anda? dan sadarkah Anda bisa jadi keluhan serius pada wajah Anda bermula dari pola makan Anda yang tidak sehat?

 

diet sehat efektif atasi jerawat
Tips Diet Sehat Efektif Atasi Jerawat Secara Alami Sumber:.ljworld.com)

Termasuk ketika Anda berjerawat, rupanya terbukti secara ilmiah diet sehat yang tepat dapat bekerja atasi jerawat dengan efektif. Pola makan dapat mempengaruhi kemampuan imunitas dan sistem tubuh Anda dalam atasi inflamasi. Juga dapat mempengaruhi produksi minyak pada wajah, bahkan mempengaruhi fungsi hormonal.

Bagaimana Diet Sehat Efektif Atasi Jerawat ?

Apa saja makanan yang perlu Anda batasi dan perlu Anda tambahkan ketika Anda menjalankan diet sehat atasi jerawat? Berikut ini sejumlah ketentuan yang dapat Anda terapkan.

1. Hindari karbohidrat dan gula

berdasar Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology tahun 2014, dilaporkan bahwa jerawat sebenarnya berkaitan dengan pola makan Anda. terutama terkait dengan makanan yang mengandung unsur glukosa.

Ketika asupan glukosa Anda tinggi, maka kadar gula dalam darah akan turut naik. Dan di saat demikian, secara otomatis pankreas akan memproduksi insulin yang akan bekerja mempercepat sel-sel tubuh menarik gula dari dalam darah.

Yang menjadi masalah, insulin dalam kadar berlebihan rupanya mendorong aktivasi kelenjar minyak. Dengan kata lain, semakin tinggi kadar insulin dalam tubuh, semakin banyak kadar minyak pada wajah. Dan tentu saja ini semakin meningkatkan resiko jerawat.

Anda perlu membatasi dengan ketat asupan gula. Tetapi bukan hanya gula, Anda juga perlu membatasi asupan karbohidrat. Meski menjadi sumber energi, karbohidrat juga mengandung gula yang perlu Anda waspadai.

2. Tambahkan asupan serat.

Dalam karbohidrat sebenarnya Anda juga bisa menemukan komponen serat. Dan menariknya, justru serat akan bekerja sebaliknya terhadap jerawat. Itulah kenapa kemudian Anda akan disarankan mengalihkan asupan karbohidrat sederhana yang biasa Anda makan dengan karbohidrat kompleks macam gandum utuh dan beras cokelat yang kaya serat.

Serat akan membantu melancarkan pencernaan, memaksimalkan daya serap nutrisi, membantu rutinitas BAB yang tentu saja akan membantu membuang lebih banyak toksin dan residu pencernaan dari dalam tubuh.

Padahal ada banyak kasus jerawat yang berasal dari pencernaan yang tidak sehat, kurangnya nutrisi dan efek dari endapan toksin serta residu yang menahun. Itu sebabnya, serat justru dibutuhkan untuk atasi jerawat.

Hanya berhati-hati dengan serat, asupan serat secara berlebihan akan membuat pencernaan Anda mengalami reaksi kembung dan tidak nyaman. Dalam beberapa kasus ini juga bisa menyebabkan gangguan pada sistem imunitas Anda.

3. Konsumsi buah dan sayur dengan bijak

Selain dari karbohidrat, Anda juga bisa mendapatkan asupan serat dari sayuran dan buah. Tetapi, tetap perhatikan kadar moderasi dalam mengonsumsi sayuran dan buah. Sebagian besar dari jenis makanan ini mengandung fruktosa atau gula buah yang justru memicu inflamasi.

Menurut Journal of The American Society of Nephrology tahun 2017, fruktosa dapat menyebabkan liver kesulitan bekerja optimal dan ini mendorong efek inflamasi. Konsumsi buah dan sayuran dengan bijak, tubuh tetap membutuhkan serat dan nutrisi dalam sayuran hanya perhatikan kadar fruktosa di dalamnya.

4. Konsumsi lebih banyak ikan

Masih bicara soal pola makan. Rupanya, Anda dengan masalah jerawat juga perlu menilik dalam jurnal Lipids In Health and Disease tahun 2012 yang menjelaskan bahwa asam lemak omega 3 dapat membantu mengatasi inflamasi pada jerawat.

Asam lemak omega 3 ditemukan dalam beberapa jenis ikan-ikanan. Selain tentu saja ikan mengandung protein yang tidak kalah dibandingkan daging sapi dan ayam. Dan karenanya asupan ikan-ikanan dianggap lebih sehat dibandingkan jenis sumber protein lain.

Apalagi jenis protein dalam ikan memiliki komposisi lebih baik dari protein pada daging merah. Kadar lipid yang tinggi membuatnya lebih efektif atasi jerawat dengan sifat anti inflamasi di dalamnya.

5. Makanan fermentasi

Makanan fermentasi juga terbukti baik untuk menu diet sehat efektif atasi jerawat selanjutnya, menurut riset di Shindonghwa Food Research Institute, Korea Selatan ditemukan koneksi positif antara makanan fermentasi dengan kesehatan pencernaan, imunitas dan kemampuan mengatasi inflamasi.

Itu sebabnya Anda disarankan mengonsumsi makanan seperti tempe dan yoghurt dengan rutin. Hanya saja pastikan dalam kadar moderat. Berlebihan dengan makanan fermentasi juga tidak baik untuk fungsi pencernaan dan akan kembali memicu masalah jerawat.

Anda bisa melihat bukan? Ada cara khusus dalam menjalankan diet sehat efektif atasi jerawat. Meski secara garis besar mirip dengan kebanyakan diet sehat lain, tetap ada ketentuan khusus yang perlu Anda cermati untuk memaksimalkan proses penyembuhan jerawat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here