Dampak Memakai Headset pada Telinga dan Otak

0
264
views

Penggunaan headset dapat membuat telinga anda cidera, terlebih jika durasi pemakaian terlalu sering. Mari simak informasi mengenai dampak memakai headset pada telinga yang belum anda ketahui.

dampak memakai headset pada telinga
dampak memakai headset pada telinga dan otak (coolmomtech.com)

Mendengarkan musik adalah kegiatan yang disukai banyak orang saat ini, biasanya mendengarkan musik akan lebih nikmat jika menggunakan headset karena suara yang di timbulkan lebih jelas dan jernih.

Akan tetapi, pemakaian headset yang terlalu lama akan membahayakan telinga anda, terlebih jika memakai headset dengan volume yang sangat tinggi dan dalam waktu yang lama. Walaupun efek dari penggunaan hedset tidak langsung berdampak sekarang, tetapi efek memakai headset pada pendengaran dapat dirasakan juga pada jangka waktu yang lama.

Anda boleh saja tetap menggunakan headset, akan tetapi untuk mencegah kerusakan pada telinga, sebaiknya anda mengurangi volume dan mengurangi waktu penggunaannya karena ada efek negatif jika memakai headset terlalu sering pada kondisi telinga anda.

Dampak Memakai Headset pada Telinga dan Otak

Anda suka memakai headset? Ternyata di balik asyiknya menggunakan headset saat mendengarkan musik, ada banyak efek negatif dari penggunaannya. Yuk simak apa saja resiko pada pemakaian headset.

1. Kerusakan Permanen pada Telinga

Sangat berbahaya menggunakan headset dalam waktu terlalu lama, dan dengan volume yang melebihi ambang batas maka akan membuat beban telinga anda lama-lama menjadi tidak kuat sehingga kerusakan permanen pada telinga ini akan terjadi karena telinga anda sudah tidak mampu menanggung suara keras dari headset.

Hal ini tentunya sangat berbahaya terutama pada anak muda, karena efek ini memang tidak langsung berdampak akan tetapi resikonya dalam jangka waktu yang lama.

Jadi, sebaiknya kurangi penggunaan headset agar telinga anda tetap terjaga kesehatannya. Jika sudah terjadi kerusakan telinga secara permanen maka akan sulit untuk mengobatinya. Daripada mengobati sebaiknya mencegah agar tidak terjadi kerusakan pada telinga.

2. Pendengaran Menurun

Dampak memakai headset pada telinga dengan frekuensi sering, dapat berakibat pada pendengaran anda yang menjadi menurun. Hal tersebut disebabkan karena penggunaan headset dalam waktu yang lama dan volume yang melebihi ambang batas dapat merusak rambat pendengaran pada bagian telinga koklea.

Seperti saat kita setelah melihat konser atau bioskop dengan dentuman suara speaker yang keras dampak pendengaran menurun akan dirasakan meski hanya dalam sesaat. Maka dari itu sebelum terjadi penurunan pendengaran, maka sebaiknya anda memperhatikan waktu penggunaan headset jangan terlampau sering.

Banyak orang yang tidak menyadari penurunan pendengaran, sebenarnya jika diperiksakan ke dokter setiap orang pastinya memiliki ukuran pendengaran sendiri-sendiri sehingga dapat diperkirakan menurun atau tidaknya. Sebenarnya penurunan pendengaran pada telinga dipengaruhi oleh volume dan frekuensi lamanya terhadap suara bising.

3. Merusak Kinerja Otak

Saat ini banyak orang yang menggunakan headset saat tidur, bahaya menggunakan headset saat tidur karena melewati gelombang elektromagnetik yang dapat berakibat buruk pada kinerja otak anda karena secara perlahan gelombang ini merusak sel-sel yang ada di dalam otak.

Hal tersebut saat berpengaruh buruk pada kinerja otak anda karena walaupun dalam keadaan tidur, tetapi suara masih masuk ke dalam udara sehingga mengurangi waktu istirahat otak.

Kerusakan pada kinerja otak dapat dirasakan ketika anda mendengarkan headset dengan volume yang tinggi dan waktu yang lama, maka anda akan merasa pusing. Jadi sebaiknya gunakan headset jika anda benar-benar sedang membutuhkannya untuk mendengarkan suara secara detail.

4. Acuh terhadap Sekitar

Mendengarkan musik menggunakan headset memang sangat mengasyikan, karena berasa tidak ada lagi suara yang mampu mengganggunya. Namun, ternyata penggunaan headset yang saat ini mulai disukai banyak orang ini juga menyebabkan orang tersebut acuh terhadap kehidupan sekitar.

Hal ini mungkin disebabkan karena terlalu asyiknya mendengarkan musik lewat headset membuat adanya rasa tidak peduli dengan kehidupan sekitar. Misalnya saja ketika ada keributan yang membahayakanmu, tapi karena anda menggunakan headset dengan volume yang tinggi maka anda tidak akan menyadarinya.

5. Melukai Kulit Telinga

Menggunakan headset ternyata juga dapat melukai kulit telinga anda, hal ini terjadi karena keadaan telinga sudah terlalu banyak mendapatkan stimulus sehingga membuat telinga anda menjadi lelah. Kelelahan pada telinga yang membuat kuping sakit setelah memakai headset dapat terjadi sewaktu waktu.

Selain itu, headset merupakan benda yang digunakan dalam waktu yang lama tanpa proses pembersihan sehingga memiliki banyak kuman. Jika kuman ini masuk pada telinga anda maka akan melukai telinga anda.

Bagaimana? setelah mengetahui dampak memakai headset pada telinga, maka sebaiknya anda jangan terlalu sering memakai headset. Gunakan headset maksimal selama lima jam dalam seminggu hindari penggunaan dengan volume keras.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here