Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil Yang Paling Tepat

0
42
views

Ketahuilah cara mengatasi keputihan saat hamil yang paling tepat, lakukanlah apabila keptutihan yang dialami sudah melebihi abnormal yang membahayakan.

Sebenarnya keputihan merupakan hal yang wajar dialami oleh wanita saat hamil muda, hal tersebut terjadi karena biasanya saat hamil hormon ataupun cairan keputihan semakin banyak.

cara mengatasi keputihan saat hamil
cara mengatasi keputihan saat hamil

Namun, terkadang hal tersebut dianggap sebagai sebuah permasalahan oleh wanita. Sebenarnya keputihan yang menjadi masalah adalah apabila jumlahnya berlebihan disertai dengan bau, nyeri dan juga gatal.

Apabila tidak melebihi batas normal maka hal tersebut sebenarnya merupakan salah satu hal yang wajar, jika sudah berlebihan maka lakukanlah cara mengatasi keputihan saat hamil dengan cara yang paling tepat.

Agar Anda terhindar dari keputihan saat hamil maka lakukan cara perawatan organ intim dengan cara menjaga kebersihan organ intim secara teratur agar tidak membuat bakteri ataupun jamur bersarang di organ intim Anda.

Ketahuilah apabila Anda mengalami keputihan abnormal maka hal tersebut dapat mempengaruhi kondisi janin menjadi kurang sehat.

Baca Juga : Ketahui Penyebab Dan Cara Mengatasi Keputihan Pada Wanita

Oleh karena itu, rajinlah membersihkan organ intim agar tidak menyebabkan keputihan yang berlebihan. Nah, apabila Anda belum mengetahui beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi keputihan. Artikel ini akan mengulas lengkap informasinya untuk Anda.

Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil Paling Tepat

Ketahuilah cara mengatasi keputihan saat hamil dengan cara yang paling tepat, lakukanlah cara berikut ini apabila keputihan yang Anda rasakan sudah memiliki batas abnormal yang dapat membahayakan kondisi janin Anda. Untuk lebih jelasnya mari simak informasinya berikut ini.

1. Jaga Kebersihan Daerah Intim

Salah satu cara untuk mengatasi keputihan pada saat hamil adalah lebih menjaga kebersihan daerah kewanitaan. Bersihkanlah dari depan sampai bagian belakang, hal tersebut tentunya dilakukan agar tidak ada virus, bakteri ataupun jamur yang bersarang di daerah organ intim Anda.

Lakukanlah dengan menggunakan air bersih, janganlah menggunakan air dari kamar mandi umum karena sangat diragukan kebersihan airnya. Anda juga selalu bersihkan setelah buang air kecil ataupun buang air besar. Dengan begitu maka area kewanitaan benar-benar menjadi terjaga.

2. Gunakan Pakaian Longgar

Salah satu penyebab keputihan adalah menggunakan pakaian ketat, oleh karena itu gunakanlah pakaian longgar agar tidak mengalami keputihan abnormal. Atau Anda juga bisa menggunakan pakaian dengan bahan katun agar tidak terlalu ketat.

Ketahuilah bahwa pakaian ketat sangat mampu menimbulkan bakteri atau jamur di kulit, apabila terdapat banyak bakteri maka dapat memicu jumlah cairan keputihan menjadi sangat banyak melebihi jumlah abnormal. Apalagi saat Anda hamil, sangat disarankan untuk memakai pakaian longgar.

3. Konsumsi Obat Alami untuk Mengatasi Keputihan

Salah satu cara mengatasi keputihan saat hamil adalah mengkonsumsi obat alami. Apabila mengkonsumsi obat alami maka dapat berpengaruh pada janin, oleh karena itu ketahui beberapa obat alami untuk mengatasi keputihan seperti bawang putih, bawang kelor, ataupun daun bidara.

Nah, dengan mengkonsumsi bahan alami sebagai obat tersebut tentunya dapat menyembuhkan keputihan pada saat Anda hamil.

4. Jangan Konsumsi Makanan Mengandung Kaffein dan Gula

Ternyata makanan ataupun minuman yang mengandung kafein dan gula adalah satu pemicu terjadinya keputihan.

Oleh karena itu, apabila Anda sedang hamil maka sangat disarankan agar menghindari makanan dan minuman yang mengandung kaffein ataupun gula seperti cokelat. Tentunya dengan menghindari makanan tersebut secara rutin maka dapat meminimalkan jumlah keputihan yang berlebihan.

5. Jangan Menggunakan Sabun Pembersih Area Kewanitaan

Untuk menjaga kebersihan pada area kewanitaan maka sebaiknya janganlah Anda menggunakan sabun pembersih.

Dengan menggunakan sabun pembersih justru malah akan memicu banyaknya bakteri ataupun jamur sehingga memicu jumlah cairan keputihan menjadi bertambah banyak. Lebih baik gunakanlah bahan alami untuk membersihkan area kewanitaan agar terhindar dari bakteri.

6. Keringkan Area Kewanitaan Setelah Membersihkan

Selanjutnya, cara yang harus dilakukan agar terhindar dari keputihan adalah mengeringkan bagian area kewanitaan setelah Anda membersihkannya menggunakan air, apabila dibiarkan basah maka akan membuat keadaan atau kondisi organ intim wanita Anda menjadi lembab. Hal tersebut menjadi salah satu pemicu cairan keputihan menjadi sangatlah banyak.

Setelah mengetahui cara mengatasi keputihan saat hamil, maka lakukanlah beberapa cara tersebut apabila Anda merasa keputihan yang dirasakan sudah melebihi normal atau tidak wajar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here