Beras Merah Vs Beras Putih, mana yang lebih baik?

1
295
views

Ada dua jenis beras, beras merah dan beras putih. Simak perbandingan beras merah vs beras putih berikut ini. Beras sendiri merupakan makanan pokok sehari-hari.

beras merah vs beras putih
Beras Merah Vs Beras Putih, mana yang lebih baik? (gambar : neverfearfailure.com)

Beras merupakan makanan yang memberikan setengah dari kalori yang diperlukan setiap hari sehingga dapat memiliki energi untuk beraktivitas. Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya ada banyak varian atau jenis beras, akan tetapi jenis beras yang paling terkenal di dunia ini adalah beras merah dan beras putih. Tentunya ada perbandingan beras merah dan beras putih, yang keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Menurut penduduk Indonesia, jika belum ada menu nasi dalam sepiring makanan maka akan terasa kurang lengkap. Beras putih jauh lebih dikenal dari beras merah. Banyak orang yang beranggapan kalau beras merah yang lebih menyehatkan tubuh. Tak perlu merasa bingung karena disini akan dijelaskan informasi efek samping beras merah dan beras putih untuk kesehatan.

Beras Merah Vs Beras Putih, mana yang lebih baik?

Jika anda belum mengetahui perbandingan antara beras merah atau beras putih, ternyata ada banyak perbedaan dari kedua jenis beras tersebut, mari simak informasinya di bawah ini.

1. Perbedaan Gizi Utama

Beras putih sebenarnya diproses melalui penggilingan untuk menghilangkan padi, dedak, dan kuman. Dari proses ini usia penyimpanan beras putih lebih lama dari beras merah, akan tetapi malah menghilangkan nutrisi yang terdapat dalam beras putih, termasuk serat, mineral, dan vitaminnya.

Beras merah merupakan gandum utuh, kandungan nutrisinya jauh lebih lengkap dari beras putih. Kandungan gandum dalam beras merah ini dapat mengurangi kolesterol, mengatasi diabetes, dan menurunkan resiko stroke.

Jika anda mengkonsumsi beras merah, maka energi yang didapatkan juga lebih banyak dari pada beras putih karena dari perbandingan nilai gizi beras merah dan beras putih dalam porsi 1/3 cup, beras merah mengandung 82 kalori sedangkan kalori beras putih hanya mengandung 68 kalori.

2. Serat

Perbandingan beras merah vs beras putih dilihat dari sisi serat, beras merah memiliki serat yang paling tinggi. Biasanya beras merah memiliki serat jauh lebih banyak antara 1 sampai 3 dari jumlah serat beras putih.

Manfaat serat perlu anda ketahui bahwa serat sangat bermanfaat bagi kesehatan yaitu memberikan rasa kenyang yang lebih cepat, menurunkan kolesterol, mengurangi resiko diabetes, mencegah penyakit jantung, dan memelihara bakteri usus. Jika di bandingkan dengan beras putih, tentunya beras merah lebih menyehatkan anda dengan banyaknya serat yang terdapat di dalamnya.

3. Kandungan Mangan dan Selenium

Beras merah memiliki kandungan mangan yang berupa mineral untuk memproduksi energi dan memiliki fungsi antioksidan. Kandungan mangan sangatlah baik untuk tubuh, dan ternyata beras putih tidak memiliki kandungan mangan.

Sumber selenium yang baik juga ternyata terdapat di dalam kandungan beras merah, padahal selenium dapat memainkan peran yang utuh untuk memproduksi hormon tiroid, fungsi menjaga kekebalan tubuh, perlindungan antioksidan, dan bekerjasama dengan vitamin E untuk melindungi sel dari kanker.

4. Magnesium dan Folat

Berbeda dengan beras putih, kandungan magnesium terdapat pada beras merah merupakan sumber yang paling baik. Magnesium dalam kandungan beras ini berfungsi untuk pembekuan darah, kontraksi otot, perkembangan tulang dan produksi sel. Mengkonsumsi beras merah akan memberikan asupan nutrisi yang lebih tinggi dari beras putih.

Kekurangan beras merah tidak memiliki folat yang dapat membantu tubuh membuat DNA dan bahan genetik dalam tubuh lainnya. Kandungan folat juga dapat berguna untuk membelah sel dalam tubuh sehingga menjadikan kandungan ini penting untuk semua orang. Akan tetapi, folat lebih penting untuk ibu hamil atau yang berencanana ingin hamil.

5. Arsenik

Perlu untuk anda ketahui bahwa ternyata beras dalam jenis apapun mengandung arsenik. Jadi bahaya beras merah, putih adanya kandungan arsenik adalah sebuah logam berat yang diakumulasikan oleh tubuh dari waktu ke waktu dan tidak dapat diekskresikan, sehingga untuk orang dewasa disarankan untuk mengkonsumsi jenis makanan biji-bijian dan kacang-kacangan untuk mengurangi arsenik dari hasil mengkonsumsi beras, sehingga kesehatan anda tetap terjaga.

Dari pemaparan informasi perbandingan beras merah vs beras putih diatas, dapat diketahui bahwa kandungan nutrisi yang menyehatkan tubuh jauh lebih banyak terdapat dalam kandungan beras merah yang terbentuk dari gandum utuh daripada beras putih.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here