Bahaya Makanan Junk Food Bagi Kesehatan

0
145
views

Bahaya Makanan Junk Food Bagi Kesehatan – Anda salah satu penggemar makanan junk food ?Tidak heran jika junk food banyak penggemar karena rasanya enak dan praktis. Namun tahukah Anda, makan makanan rendah gizi ini mempunyai efek buruk bagi kesehatan Anda.

bahaya makanan junk food bagi kesehatan
bahaya makanan junk food bagi kesehatan tubuh anda (sumber: menshealth.com)

Junk food atau yang dapat disebut fast food merupakan makanan yang sering dikonsumsi pada zaman yang serba instan seperti sekarang ini. Sibuknya orang dengan pekerjaan menyebabkan tidak memiliki waktu untuk makan sehingga junk food menjadi pilihannya. Tidak dapat dipungkiri jika junk food memang enak rasanya, terlebih lagi kita tidak perlu menunggu waktu yang lama dalam penyajiannya.

Namun, tahukah Anda bahwa semakin sering Anda makan makanan junk food, terdapat efek buruk makanan junk food bagi kesehatan. Efek dari mengkonsumsi junk food tidak akan terasa dalam waktu dekat, namun akan terasa dalam jangka panjang atau seiring dengan bertambahnya usia.

Sebagai bentuk perhatian kita kepada tubuh kita sendiri, kita perlu membatasi konsumsi makanan junk food demi kesehatan diri kita sendiri di kemudian hari nanti.

Bahaya Makanan Junk Food Bagi Kesehatan

Dibalik rasanya yang enak, menggoda serta harganya yang murah kandungan junk food ternyata tidak baik untuk kesehatan karena mengandung lemak jenuh yang cukup banyak. Jika Anda terlalu sering makan makanan junk food, maka ini bahaya Makanan Junk Food bagi kesehatan:

1. Memicu Terjadinya Obesitas

Ternyata kandungan gizi makanan siap saji hanya sedikit mengandung nutrisi, tetapi banyak mengandung lemak tak sehat, gula serta kalori. Kandungan tersebutlah yang memicu berat badan seseorang menjadi naik hingga bisa menyebabkan obesitas. Beberapa kandungan tersebut ditimbun di dalam tubuh dan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh junk food.

2. Menyebabkan Diabetes

Jika Anda secara rutin makan makanan junk food, ini efek buruknya bagi kesehatan, yaitu dapat menyebabkan diabetes. Diabetes dapat disebabkan oleh keturunan atau pola hidup yang kurang tepat.

Pola hidup yang kurang sehat seperti terlalu sering mengonsumsi junk food dapat menyebabkan diabetes. Junk food menyimpan kalori tak jenuh yang cukup tinggi, yang akan menyebabkan penumpukan glukosa di aliran darah.

3. Menyebabkan Kekurangan Gizi

Jika anak – anak suka makanan junk food, maka perlu waspada akan bahaya makanan junk food bagi tumbuh kembang anak karena menyebabkan kekurangan gizi. Anak-anak membutuhkan asupan nutrisi lebih dimasa tumbuh kembangnya, namun jika hanya makan junk food dan tidak mau makan makanan yang sehat maka anak – anak bisa kekurangan gizi.

Seperti yang telah diketahui bahwa nilai gizi makanan cepat saji tidak ada untuk kebutuhan pertumbuhan anak – anak. Sehingga merupakan tugas bagi Anda untuk mengawasi asupan makanan anak – anak agar tidak kekurangan gizi.

4. Menghambat Pencernaan

Untuk memperlancar sistem pencernaan kita membutuhkan serat yang cukup, namun junk food hanya mengandung sedikit sekali serat sehingga tidak dapat mencukupi kebutuhan serat Anda. Jika kita kekurangan serat maka kita membuat sistem pencernaan bekerja lebih untuk mengolah makanan yang kita makan. Dampaknya akhirnya adalah mengalami masalah lambung.

5. Menyebabkan Kanker

Junk food terutama makanan yang diawetkan di dalam wadah kaleng mengandung bisphenol-A (BPA). Zat bisphenol-A (BPA) ini merupakan alam sel kanker payudara bersifat yang estrogenik dan bisa mengganggu fungsi hormon.

Selain zat bisphenol-A (BPA), junk food juga mengandung zat kimia yang berbahaya dan pengawet yang apabila dikonsumsi dalam jangka waktu yang cukup lama akan menimbulkan kanker.

6. Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular ini biasanya terjadi pada anak – anak yang disebabkan kandungan lemak jenuh yang tinggi pada junk food. Lemak jenuh ini menyebabkan kolesterol jahat meningkat atau yang dapat disebut kolesterol LDL. Jenis – jenis junk food yang mengandung lemak jenuh antara lain es krim, kentang goreng, keripik kentang, pizza, keju full-fat dan daging olahan.

Beberapa jenis makanan di atas merupakan makanan favorit anak – anak sehingga kemungkinan mereka memiliki risiko tekanan darah tinggi jika terlalu sering mengkonsumsinya.

Kira – kira seperti itulah bahaya makanan junk food bagi kesehatan atau makanan siap saji jika sering dikonsumsi. Bagaimana? Apakah Anda akan mulai mengatur untuk mengurangi makan junk food? Sebaiknya begitu untuk kesehatan Anda sendiri di masa sekarang dan masa yang akan datang.

Anda dapat mengimbanginya dengan minum air putih yang banyak, olahraga yang teratur dan makan sayur dan buah – buahan yang sehat. Jangan lupa untuk mengajak keluarga untuk mengurangi junk food dengan membagi informasi ini. Ayo hidup sehat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here