Bahaya dan Dampak Makan Mi Instan bagi Kesehatan

Mi Instan memang menjadi makanan favorit bagi banyak orang, terlebih bagi anak kos. Namun, terdapat bahaya dan dampak makan mi instan bagi kesehatan jika sering mengkonsumsinya.

0
177
views

Mi Instan memang menjadi makanan favorit bagi banyak orang, terlebih bagi anak kos. Namun, terdapat bahaya dan dampak makan mi instan bagi kesehatan jika sering mengkonsumsinya.

bahaya dan dampak makan mi instan bagi kesehatan
bahaya dan dampak konsumsi mi instan bagi kesehatan (sumber: dfordelhi.in)

Dibalik rasa lezat mi instan ternyata ada bahaya dan dampak makan mi instan bagi kesehatan. Mi instan memang memiliki banyak penggemar apalagi anak kos karena harganya yang murah tapi mengenyangkan ditambah lagi rasa yang nikmat.

Meskipun harganya murah dan mengenyangkan, jangan terlalu sering mengkonsumsinya karena ada bahaya makan mie instan terus menerus. Mi instan mengandung bahan pengawet yang berdampak buruk pada kesehatan tubuh, meski tidak secara langsung tapi dampaknya akan timbul secara perlahan – lahan.

Anda perlu memperhatikan bahaya mengkonsumsi mi instan sejak sekarang, agar dapat mencegahnya mulai dari sekarang.

4 Bahaya dan Dampak Makan Mi Instan bagi Kesehatan

Inilah beberapa bahaya mie instan bagi kesehatan:

1. Menimbulkan berbagai macam penyakit

Ketika Anda mengkonsumsi seporsi mie instan, ternyata ada bahaya yang mengintai dibalik rasa nikmatnya yaitu dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Penyakit yang dapat ditimbulkan karena sering mengkonsumsi mi instan antara lain, gagal ginjal, diabetes, kerusakan hati, memicu tekanan darah tinggi, kencing manis, meningkatkan kadar kolesterol, memicu penyakit stroke, mengganggu pencernaan, dan memicu sakit kepala.

2. Mengganggu kesehatan tubuh

Terdapat beberapa bahaya dan dampak konsumsi mi instan bagi kesehatan, yaitu mengganggu hormon bagi wanita seperti jadwal menstruasi hingga menimbulkan jerawat, mengganggu hormon seks bagi pria, mengganggu pencernaan karena menghambat nutrisi masuk ke dalam tubuh dan mengganggu sistem pernafasan karena kandungan MSG dapat membuat sulit bernafas dan merasa sesak di dada.

3. Potensi terjadinya kegemukan

Hal ini merupakan efek samping makan mie sama nasi, sudah diketahui bahwa nasi dan mi sama – sama mengandung karbohidrat. Jika Anda terlalu sering mengkonsumsinya secara bersamaan, maka kalori yang berlebih akan disimpan dalam bentuk lemak. Lemak inilah yang membuat tubuh menjadi gemuk atau bisa terjadi obesitas.

4. Menimbulkan efek bagi anggota tubuh

Terdapat beberapa efek yang langsung terlihat pada anggota tubuh jika terlalu banyak mengkonsumsi mi instan, antara lain membuat wajah bengkak dan merah – merah tapi tidak banyak yang menyadarinya karena tidak langsung terjadi. Selain itu dapat membuat perut buncit dan kantung mata. Mi instan mengandung banyak sehingga dapat membuat perut menjadi buncit dan menambah kantung mata tapi tidak secara langsung.

Beberapa Tips Makan Mi Instan yang Sehat

Berhenti mengonsumsi mi instan bagi penggemar mi instan tentu bukan hal yang mudah, karena itu ada beberapa tips aman makan mie instan bagi penggemarnya, sehingga Anda dapat mengurangi bahaya dan dampak makan mi instan bagi kesehatan. Berikut ini tipsnya:

1. Menambahkan potongan sayur, telur dan daging

Anda dapat menambahkan beberapa potongan sayur di dalam semangkuk mi instan Anda. Sayur yang dapat Anda tambahkan diantaranya caisim, wortel atau yang sesuai dengan selera Anda. Selain itu, untuk menambah kandungan gizi makanan Anda dapat menambhkan telur dan potongan daging yang sesuai dengan selera Anda.

2. Mengganti air rebusan

Tips ini dapat diterapkan untuk mi instan kuah. Gunakanlah air yang baru untuk disantap, karena kemungkinan besar air bekas rebusan mi terdapat lapisan lilin. Sedangkan untuk mi goreng, Anda dapat membilasnya dengan air yang baru sebelum dicampur dengan bumbu.

3. Jangan menyertakan bumbu ketika memasak

Bumbu mi instan mengandung zat yang berbahaya jika Anda mencampurkannya pada air mendidih saat memasak. Baiknya Anda menaruh bumbu mi instan ke dalam mangkuk, kemudian mi instan yang sudah matang Anda campur dengan bumbunya di atas mangkuk.

4. Memberi jarak konsumsi

Mi instan memiliki waktu yang cukup lama untuk dicerna di dalam tubuh, oleh karena itu Anda perlu mengatur waktu konsumsi mi instan. Misalnya Anda dapat mengkonsumsinya seminggu sekali atau sebulan sekali untuk menjaga kesehatan Anda.

Begitulah bahaya dan dampak makan mi instan bagi kesehatan, sangat berbahaya bukan? Setelah membacanya apakah Anda akan tetap mengkonsumsinya secara rutin? Anda dapat menerapkan beberapa tips makan mi instan yang aman agar tidak terlalu berisiko bagi kesehatan tubuh Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan orang di sekitar Anda. Jangan lupa untuk menyebarkan informasi ini agar semua orang dapat memulai untuk hidup sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here