7 Alasan Tak Terduga Yang Menjadi Penyebab Sembelit

Alasan Tak Terduga Penyebab Sembelit - Anda kerap sembelit? Jangan Anda kira penyebabnya hanya karena Anda kekurangan asupan serat. Ada sejumlah alasan lain yang tidak terduga dan bisa menjadi penyebab sembelit.

0
243
views

Alasan Tak Terduga Penyebab Sembelit – Anda kerap sembelit? Jangan Anda kira penyebabnya hanya karena Anda kekurangan asupan serat. Ada sejumlah alasan lain yang tidak terduga dan bisa menjadi penyebab sembelit.

alasan tak terduga penyebab sembelit
7 Alasan Tak Terduga Yang Menjadi Penyebab Sembelit (sumber:saludmovil.com)

Anda kerap merasakan sembelit? Jangan Anda kira penyebabnya hanya karena Anda kekurangan asupan serat. Ada sejumlah alasan lain yang tidak terduga dan bisa menjadi penyebab sembelit. Dan beberapa alasan tersebut antara lain:

Alasan Tak Terduga Penyebab Sembelit

1. Karena asupan tertentu

Beberapa jenis asupan makanan atau minuman ternyata dapat menjadi penyebab sembelit tanpa sempat Anda sadari. Ini karena sejumlah asupan tersebut cenderung sulit untuk dicerna dan mengandung sedikit serat yang akan membantu melancarkan pencernaan.

Beberapa jenis makanan atau minuman yang memberi efek sulit BAB antara lain susu dan jenis turunannya, protein dari daging merah dan whey, karbohidrat sederhana, cokelat juga minuman yang mengandung kafein serta alkohol.

Khusus untuk kafein dan alkohol, efek diuretiknya lebih banyak menjadi penyebab kenapa kedua jenis minuman ini menjadi penyebab sembelit. Efek diuretik akan menarik banyak air menuju urin dan mengurangi kadar air pada usus.

2. Karena pengobatan tertentu

Sejumlah obat-obatan medis dan beberapa jenis herbal terbukti pula dapat berakibat buruk pada sistem pencernaan. Terapi anti depresan dapat menyebabkan efek over relaksasi sehingga melemahkan fungsi usus, beberapa terapi analgesik juga memicu terjadinya konstipasi bila dikonsumsi berketerusan.

Ditemukan pula kasus sembelit pada mereka yang mengkonsumsi obat anti hipertensi tertentu seperti methyldopa, clonidine, propranolol, kemudian juga Calcium channel blockers. Sementara ditemukan pula fakta bahwa obat antasida dan anti histamin tertentu bisa menjadi sebuah alasan tak terduga penyebab sembelit.

Selain itu, sejumlah herbal juga diketahui memiliki efek sembelit. Beberapa di antaranya adalah teh hitam dan beberapa jenis jamu-jamuan dari tanaman hijau. Kepekatan kadar fitokimia dalam herbal tersebut ternyata justru memperlambat laju pencernaan.

3. Mengalami hipotiroidisme

Hipotiroidisme adalah keluhan yang terjadi ketika kadar hormon tiroid dalam tubuh diproduksi dalam kadar terlalu rendah. Sementara hormon ini bekerja dalam fungsi metabolisme dan kinerja organ, maka dengan turunnya kadar hormon tiroid maka akan terjadi perlambatan fungsi tubuh, termasuk fungsi pencernaan.

Ini karena sel-sel dalam tubuh tidak dapat melakukan metabolisme energi dengan optimal sehingga sel-sel tersebut mengalami penurunan fungsi. Inilah yang menyebabkan sejumlah organ menurun pula fungsinya.

4. Memiliki masalah diabetes

Diabetes yang menahun dapat menyebabkan munculnya masalah pada otot dan saraf. Pasien akan mengeluhkan terjadinya penurunan fungsi pada sejumlah titik otot dan saraf, hingga menyebabkan efek kebas dan lemah otot.

Kadang keluhan ini terjadi pada sistem pencernaan yang menyebabkan saraf pada usus kehilangan kepekaannya ketika muncul dorongan BAB. Masalah ini kerap pula diimbangi dengan lemahnya otot peristaltik dari usus besar dan skrotum.

5. Mengalami masalah pencernaan

Sejumlah kasus pencernaan seperti iritasi usus, gastritis dan keluhan pencernaan lain kerap kali bermuara pada masalah sembelit. Masalah pencernaan menyebabkan fungsi lambung dan usus menurun hingga memperlambat kinerja pencernaan, termasuk pula membuat proses pembentukan feses tidak sempurna.

Gastroparesis yakni masalah melemahnya otot dan saraf pada bagian pencernaan atas juga bisa memicu terjadinya sembelit. Kasus gastroparesis akan menyebabkan lambung gagal menghaluskan dan memproses makanan secara kimia. Hingga usus akan melepas sisa makanan dalam bentuk yang masih kasar dan sulit untuk diubah menjadi feses.

6. Kehamilan dan menyusui

Efek terbentuknya janin dalam perut membuat rongga perut terdesak dan kadang memperlambat laju pencernaan. Tekanan dari rahim ini membuat usus besar menyempit dan sulit untuk bekerja dengan normal.

Bahkan kadang kehamilan memicu ibu mengalami wasir karena efek tekanan yang terlalu kuat. Setelah melahirkan sekalipun ibu masih mungkin mengalami sembelit. Masalah sembelit timbul karena setelah persalinan terdapat sisa luka yang mungkin sedikit perih dan kaku untuk dibuat kontraksi BAB.

Namun tak sedikit kasus, ibu juga mengalami pelemahan di area anus dan perineum atau area jembatan antara anus dan lubang vagina. Beruntung kebanyakan kasus pelemahan ini hanya terjadi sementara sampai ibu pulih dari efek melahirkan.

Ibu yang menyusui juga dapat mengalami efek sembelit. Ini kebanyakan karena ibu kekurangan kadar air untuk membantu menjaga pelunakan feses. Ibu yang menyusui akan membutuhkan lebih banyak air untuk memenuhi kebutuhan produksi ASI. Bila asupan air tidak terpenuhi, payudara akan menarik air dari seluruh tubuh, termasuk pencernaan.

7. Efek kebiasaan enema

Dalam kadar moderat enema dikatakan aman dan bisa jadi disarankan untuk mengatasi sembelit. Enema adalah tindakan untuk memasukan cairan ke dalam lubang anus. Cairan ini akan bekerja melunakan feses sekaligus melumasi lubang anus hingga memudahkan feses untuk keluar.

Namun kebiasaan melakukan enema akan membuat otot dan jaringan sekitar anus melemah. Sel-sel sensorik pada dinding usus besar melemah dan kehilangan sensitivitasnya. Kebiasaan enema juga mengalami keluhan penurunan fungsi peristaltik pada usus.

Ternyata ada banyak alasan tak terduga penyebab sembelit, bukan hanya karena efek kekurangan serat sebagaimana selama ini kita kira. Jadi mulai sekarang bila Anda mulai terlalu sering sembelit, segera periksakan diri ke pihak medis untuk pemantauan lebih intensif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here