Hati-hati, 8 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Migrain

Anda kerap mengalami serangan migrain? Dan mulai merasa terganggu oleh kemunculannya yang cukup menyiksa? Ada baiknya untuk mulai memahami, apa sebenarnya pemicu migrain yang kerap menyerang Anda. Hati-hati! Ternyata Anda bisa mengalami migrain hanya karena efek dari 8 makanan penyebab migrain berikut ini.

0
208
views

8 Makanan Penyebab Migrain – Anda kerap mengalami serangan migrain? Dan mulai merasa terganggu oleh kemunculannya yang cukup menyiksa? Ada baiknya untuk mulai memahami, apa sebenarnya pemicu migrain yang kerap menyerang Anda. Hati-hati! Ternyata Anda bisa mengalami migrain hanya karena efek dari 8 makanan penyebab migrain berikut ini.

8 makanan penyebab migrain
Hati-hati, 8 Makanan Ini Bisa Sebabkan Migrain (sumber: newatlas.com)

Kebanyakan orang kerap mengalami serangan migrain karena efek dari kelelahan, dehidrasi bahkan juga efek dari stress. Beberapa wanita juga mengeluhkan efek migrain pada saat masa-masa menjelang atau ketika sedang menstruasi.

Yang tidak banyak diketahui, ternyata sejumlah makanan juga bisa menjadi penyebab migrain. Menurut pakar neurologi, Noah Rosen, MD, direktur dari the Headache Institute at North Shore-LIJ Health System di Long Island, New York, beberapa makanan dapat mempengaruhi kinerja sirkulasi darah dan sistem kerja saraf yang dapat mendorong terjadinya migrain.

8 Makanan Penyebab Migrain

Dan berikut adalah sejumlah asupan yang mungkin perlu Anda batasi atau hindari karena bisa menjadi penyebab migrain.

1. Produk turunan susu

Beberapa orang memiliki sensitivitas khusus terhadap laktosa dan mendorong terjadinya gangguan pada fungsi saraf. Sementara pada jenis kefir dan keju ditemukan senyawa tiramin.

Menurut Journal of Neurology Neurosurgery and Psychiatry tahun 1972 tiramin menyebabkan mengkerutnya pembuluh darah. Ini membuat sirkulasi darah menuju otak terhambat dan mengganggu suplai oksigen dan nutrisi untuk sistem saraf pusat.

2. Pemanis buatan

Beberapa orang memiliki tingkat sensitivitas lebih tinggi hingga akan mengalami dorongan migrain pasca mengkonsumsi pemanis buatan. Pakar dari Harvard School of Public Health sepakat tidak ada efek langsung dari gula buatan ini kecuali memang pasien memiliki masalah sensitivitas. Tetapi sejumlah pandangan lain melihat adanya pengaruh pemanis buatan terhadap kinerja timus yang berada pada otak.

3. MSG

Masih banyak perdebatan mengenai bagaimana efek samping MSG bagi kesehatan. Sejumlah pakar melihat adanya bahaya dari MSG, tetapi sebagian justru melihatnya aman dalam kadar terbatas.

Tetapi yang jelas, menurut International Journal of Clinical and Experimental Medicine tahun 2009, dijelaskan bahwa sejumlah kasus membuktikan adanya kemungkinan MSG memicu migrain pada mereka yang cenderung sensitif.

4. Alkohol

Kebanyakan dari mereka yang memiliki kecenderungan untuk mudah migrain memang disarankan untuk menghindari alkohol. Menurut sumber Journal of Neurosciences In Rural Practice tahun 2014 dijelaskan bahwa ada kaitan antara penderit migrain dengan kebiasaan minum alkohol yang kuat. Pada dasarnya pengaruh cukup dominan terjadi pada alkoholik.

5. Makanan siap saji

Makanan cepat saji diketahui kaya akan kandungan nitrit dan nitrat. Juga dikenal mengandung kadar natrium tinggi. dan senyawa-senyawa tersebut diketahui memiliki efek negatif pada fungsi otak termasuk pula memicu migrain.

Ini karena ketiga komponen tersebut menyebabkan efek gangguan pada sirkulasi darah dan kadar air dalam darah. Inilah yang kemudian menyebabkan efek gangguan suplai darah menuju otak.

6. Cokelat

fakta menarik mengenai cokelat adalah bahwa makanan ini bisa membantu meredakan migrain tetapi juga bisa menyebabkan migrain. Menurut sumber Journal of Neurology Neurosurgery and Psychiatry tahun 1974 dijelaskan bahwa cokelat juga mengandung tiramin yang memicu migrain, tetapi juga mendorong produksi hormon endorphin yang justru meredakan migrain. Hasilnya pada pasien akan bersifat individu tergantung sensitivitas pasien.

7. Buah-buah tertentu

Pada dasarnya, pemicu migrain dalam hal ini adalah tiramin. Dan rupanya sejumlah jenis buah-buahan di pasaran memang mengandung senyawa tiramin sehingga dapat menjadi penyebab migrain. Beberapa jenis buah yang mengandung tiramin antara lain adalah pisang, pepaya, alpukat, buah sitrus, juga buah yang terlalu matang serta dikeringkan.

8. Kopi

Sebagaimana cokelat, rupanya kopi juga bisa menjadi terapi meredakan migrain, tetapi juga bisa menjadi penyebab migrain. Kopi diketahui meningkatkan daya pacu jantung hingga mendorong sirkulasi darah menuju otak lebih lancar. Ini akan membantu meredakan migrain.

Tetapi beberapa orang bisa mengalami efek withdrawal atau efek adiksi ketika tidak mengkonsumi kopi. Dan salah satu gejala umum dari kasus withdrawal ini adalah migrain. Ini karena otak tidak mendapat cukup stimulasi dari kopi hingga terserang migrain.

Hati-hati bila Anda merasa sedang rentan mendapatkan serangan migrain. Seperti ketika Anda sedang dalam kondisi stress atau akibat efek dari perubahan hormonal, seperti saat periode menstruasi.

Salah satu cara untuk hati-hati adalah mawas dalam memilih asupan, membatasi atau menghindari asupan makanan yang bisa menjadi penyebab migrain sebagaimana 8 makanan penyebab migrain dijelaskan di atas.

apakah micin menyebabkan migrain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here