7 Jenis Olahraga yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Bermasalah dengan postur tubuh dan berat badan setelah melahirkan? atau ingin menjaga postur tubuh dan kesehatan sang buah hati saat hamil ? saatnya Anda mencoba 7 jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil dan menyusui berikut ini.

0
250
views

Ketika masalah postur tubuh dan berat badan pasca melahirkan menjadi persoalan anda. Serta bagi anda yang sedang hamil ingin menjaga postur tubuh dan menjaga kesehatan bagi tumbuh kembang si kecil. Mungkin kini saatnya anda mencoba 7 jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil dan menyusui berikut ini.

7 jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil dan menyusui
7 Jenis Olahraga yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui (sumber : twinklethomas.com)

Ibu hamil dan menyusui perlu menjaga kesehatannya dengan melakukan 7 jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Alasannya adalah karena kesehatan ibu hamil akan berpengaruh pada janinnya.

Kemudian banyak wanita yang ingin mengembalikan berat badan ke berat semula setelah melahirkan dengan melakukan olahraga untuk ibu menyusui, sehingga kondisi kesehatannya dapat diperhatikan.

Hal tersebut dikarenakan bayinya masih membutuhkan ASI dari sang ibu. Selain itu, ibu menyusui lebih baik tidak memiliki badan yang terlalu gemuk, oleh karena itu akan diberikan beberapa informasi mengenai olahraga untuk ibu menyusui. Anda dapat melakukan berbagai olahraga untuk menjaga kesehatan diri Anda.

7 Jenis Olahraga yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Keadaan hamil dan menyusui bukan alasan untuk tidak berolahraga, berikut adalah informasi lengkap tentang 7 jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil dan menyusui:

1. Yoga

Yoga bisa menjadi pilihan olahraga terbaik bagi ibu hamil karena dapat mengurangi ketegangan dan meningkatkan mood karena mood ibu hamil biasanya gampang berubah. Selain itu olahraga ini tidak membutuhkan energi banyak.

Sedangkan bagi ibu menyusui olahraga ini merupakan olahraga yang aman dan memiliki manfaat antara lain dapat menghilangkan stress berlebihan dan meningkatkan rasa percaya diri. Anda dapat menemukan gerakan yoga untuk ibu menyusui di internet atau mengikuti kelasnya supaya lebih aman.

2. Berenang

Olahraga lainnya yang dapat dilakukan oleh ibu hamil adalah berenang, karena mampu mengurangi kemungkinan terjadinya resiko kecelakaan saat hamil. Tekanan air dapat membuat Anda merasa rileks dan menyehatkan jantung.

Ketika kondisi tubuh sudah siap olahraga setelah melahirkan, berenang dapat menjadi jenis olahraga untuk ibu menyusui karena dapat mengontrol berat badan, mengurangi resiko sindrom baby blues setelah melahirkan dan mengurangi stress.

3. Jalan santai

Jalan santai merupakan salah satu olahraga yang murah dan aman untuk ibu hamil dan menyusui. Dengan berjalan dapat menjaga daya tahan tubuh selalu fit. Bagi ibu hamil berjalan kaki merupakan olahraga terbaik karena dapat melatih jantung janin menjadi lebih sehat, mengurangi waktu persalinan serta dapat membuat posisi janin berada di jalan lahir.

Namun perlu memperhatikan durasi berjalan agar tidak menyebabkan kaki bengkak. Bagi ibu menyusui berjalan dapat memperlancar aliran darah dan menjaga berat badan.

4. Aerobik

Menurut para ahli, latihan aerobik bagi ibu hamil dianjurkan hanya untuk melakukan beberapa gerakan yang membuatnya merasa nyaman saja. Bagi ibu menyusui, olahraga ini dapat menurunkan berat badan pasca melahirkan dan dapat menjadi salah satu tips bugar ibu menyusui. Sebaiknya Anda melakukan latihan ini dengan instruktur yang berpengalaman untuk menghindari resiko.

5. Senam kegel

7 jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil dan menyusui selanjutnya adalah senam kegel. Melakukan senam kegel dapat melatih dan menguatkan otot panggul, otot – otot sekitar rahim, rektum, kandung kemih dan uretra serta mampu menguatkan rahim.

Bahkan melakukan senam kegel dapat meningkatkan kesuburan, sehingga kesehatan reproduksi dapat terjaga. Bagi ibu hamil senam ini dapat membantu ketika melahirkan karena akan menjadi lebih mudah. Lakukan senam kegel secara konsisten.

6. Bersepeda

Bersepeda merupakan hal yang mudah untuk melakukan salah satu 7 jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Olahraga ini dapat mengurangi ketegangan organ – organ kehamilan. Selain menyenangkan, bersepeda dapat membakar lemak dan kalori dalam tubuh dan dapat mencegah ibu hamil agar tidak terluka.

Lakukanlah ketika kondisi sudah pulih setalah melahirkan. Namun, tetap harus berhati – hati, bersepedalah di tempat yang datar atau jalanan khusus sepeda agar tidak berbahaya.

7. Senam pilates

Senam ini sebenarnya merupakan jenis lain dari yoga, hanya saja senam pilates lebih bertujuan untuk memperkuat otot – otot, menjaga stamina serta mampu mempertahankan bentuk badan sehingga cocok untuk ibu menyusui karena dapat melangsingkan tubuh pasca melahirkan. Ikutilah kelas senam pilates yang cocok dengan instruktur yang terlatih.

Jadi begitulah 7 jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Anda dapat menjadikannya sebagai referensi olahraga Anda untuk menjaga kesehatan selama hamil dan menyusui.

Pastikan Anda melakukannya dengan hati – hati agar tidak terjadi kecelakaan atau dengan dampingan instruktur terlatih. Lakukanlah secara rutin demi kesehatan Anda dan bayi Anda. Selamat berolahraga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here