5 Penyebab Nyeri Perut Saat Hamil Muda

0
30
views

Anda sedang hamil muda dan sering mengalami nyeri perut ? Yuk coba cek apa saja penyebab nyeri perut saat hamil muda beserta cara penanganan yang tepat pada artikel 5 penyebab nyeri perut saat hamil muda berikut ini.

5 penyebab nyeri perut saat hamil muda
5 Penyebab Nyeri Perut Saat Hamil Muda yang Perlu anda Ketahui (parents.mdpcdn.com)

Nyeri atau kram perut merupakan salah satu kondisi normal yang dialami oleh seseorang pada awal-awal kehamilan, apalagi para wanita yang tengah hamil muda. Namun, beda lagi jika nyeri perut saat hamil muda ini juga disertai dengan rasa sakit yang luar biasa, bahkan sampai pendarahan, Anda harus waspada. Bisa jadi, itu merupakan gejala yang menunjukkan ada yang tidak normal dengan kondisi kehamilan Anda.

Berapakah lama kram perut pada awal kehamilan ? Jawabannya adalah setidaknya selama trimester awal kehamilan. Normalnya, nyeri perut saat hamil trimester pertama ini disebabkan oleh semakin membesarnya rahim, sehingga bagian ligamen yang berperan untuk menopang rahim menjadi renggang.

Selain itu, nyeri ini juga mengindikasikan menempelnya sel telur yang telah dibuahi ke lapisan rahim. Lalu bagaimana dengan penyebab lainnya ? Berikut infonya untuk Anda.

5 Penyebab Nyeri Perut saat Hamil Muda

1. Kehamilan Kimia

Jangan bayangkan kehamilan kimia dengan hamil bahan-bahan kimia ya. Tidak, bukan itu yang dimaksud. Kehamilan kimia adalah keguguran yang terjadi pada awal proses kehamilan. Saking awalnya proses ini, banyak wanita yang tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil, karena keguguran ini biasanya terjadi pada minggu-minggu menstruasi Anda.

Meski sepele, kehamilan kimia tetap menimbulkan nyeri perut meskipun menyatu dengan gejala nyeri perut saat menstruasi. Kehamilan kimia ini terjadi karena sperma tidak bisa bertahan dalam membuahi sel telur, sehingga sel telur kembali meluruh dalam dinding rahim. Jika di tes menggunakan tes kehamilan hCG, maka Anda bisa saja positif hari ini, tapi negatif tiga hari kemudian.

2. Nyeri Ligamen

Salah satu penyebab nyeri perut saat hamil muda yang paling banyak adalah akibat nyeri ligamen. Puncak nyeri perut saat hamil muda akibat peregangan ligamen adalah saat trimester kedua. Karena pada masa ini, ukuran perut semakin membesar dengan cukup signifikan, sehingga terjadi peregangan otot ligementum rotundum, yaitu otot yang menyokong rahim.

Jika Anda mengalami keluhan nyeri perut saat hamil pada trimester kedua, mungkin disebabkan oleh peregangan ligamen ini, sehingga Anda akan merasakan nyeri pada bagian bawah perut seperti ditusuk-tusuk. Selain itu, nyeri perut saat hamil akibat ligamen ini juga akan membuat perut Anda terasa lebih kencang.

3. Perubahan Hormon

Gejala nyeri perut saat hamil muda yang Anda alami ini ternyata tidak selamanya akibat terjadi perubahan fisik ya, tapi faktor perubahan hormon juga bisa menjadi penyebab nyeri perut saat hamil muda. Perubahan hormon selama kehamilan merupakan hal yang wajar, jadi Anda tidak perlu khawatir berlebihan.

Mulai dari awal kehamilan, tubuh memproduksi lebih banyak hormon progesteron, estrogen, dan hCG (human chorionic gonadotropin). Hormon-hormon ini bisa mempengaruhi tubuh Anda dengan efek samping berupa kram, sakit, dan nyeri perut.

4. Kehamilan Ektropik

5 penyebab nyeri perut saat hamil muda berikutnya adalah kehamilan ektopik. Pernah mendengar tentang kehamilan ektropik ? Ya, ini adalah salah satu kehamilan yang tidak normal. Pada kondisi normal, sel telur yang dibuahi akan menempel pada dinding rahim. Namun, pada kondisi tidak normal, seperti kehamilan ektropik, sel telur yang dibuahi malah menempel di luar dinding rahim, misalnya pada saluran tuba.

Apa akibatnya ? Tentu saja, janin tidak akan bisa berkembang. Selain itu, organ reproduksi Anda juga akan terganggu karena terdapat sesuatu yang tidak sebagaimana mestinya. Hal ini menjadi salah satu faktor yang menyebabkan nyeri perut saat hamil. Jika Anda mengalami nyeri perut saat hamil muda dengan kondisi perut yang tidak mengalami perkembangan ukuran sedikitpun, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter.

5. Keguguran

Ibu hamil mana yang ingin mengalami keguguran ? Namun, hal ini tidak dapat dipungkiri, terutama saat usia kehamilan awal hingga minggu ke 20. Dan ternyata, nyeri perut saat hamil muda juga bisa mengindikasikan terjadinya keguguran.

Selain nyeri perut dan kram hebat, keguguran ini biasanya disertai dengan pendarahan dengan tingkat sedang hingga berat. Hampir semua ibu sudah mengetahui dirinya hamil, sebelum terjadi keguguran, sehingga sudah pasti para ibu akan berhati-hati untuk menjaga kehamilannya. Namun, apa mau dikata jika Tuhan berkehendak lain ?

Nah, itu dia 5 penyebab nyeri perut saat hamil muda. Tentunya, penyebab nyeri perut ini mungkin tidak hanya menyerang hamil muda ya. Oleh karena itu, semua ibu hamil wajib untuk berhati-hati dan rutin memeriksakan kehamilannya ke dokter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here