Efek Buruk Konsumsi Gorengan Bagi Kesehatan

0
393
views

Anda penggemar gorengan? kebiasaan kita tidak nikmat makan jika belum ada tempe goreng. Tahukah Anda dibalik rasa yang nikmat dan harga yang murah ternyata gorengan menjadi sumber dari selusin masalah kesehatan. Simak informasi tentang efek buruk konsumsi gorengan yang mungkin Anda belum tau.

efek buruk konsumsi gorengan
Efek Buruk Konsumsi Gorengan Bagi Kesehatan (malaskeluar.com)

Gorengan merupakan makanan yang sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Dengan harga yang murah dan rasa yang gurih tak jarang menjadikan gorengan sebagai makanan favorit banyak orang. Namun, tahukah Anda dibalik rasanya yang nikmat dan lezat ternyata gorengan menjadi sumber dari banyak masalah kesehatan. Banyak sekali efek buruk konsumsi gorengan yang mungkin Anda belum ketahui.

Macam-macam gorengan dapat kita jumpai dengan mudah setiap hari mulai dari gorengan pinggir jalan sampai restoran pun menyediakan. Namun ada baiknya Anda lebih berhati-hati dengan makanan yang satu ini.

Bahaya gorengan bisa ditimbulkan mulai dari minyak goreng yang dipakai secara berulang, tempat berjualan yang kurang bersih, kertas bekas pembungkus gorengan, hingga penggunaan bahan yang berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Efek Buruk Konsumsi Gorengan Bagi Kesehatan

Konsumsi gorengan terlalu sering dapat mengakibatkan sejumlah efek buruk bagi kesehatan tubuh diantaranya:

1. Memicu penyakit jantung

Gorengan adalah salah satu makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Kadar kolesterol yang tinggi ini disebabkan karena endapan minyak goreng yang pemakaiannya berulang-ulang sehingga membentuk lemak trans yang kurang baik untuk kesehatan. Jika dikonsumsi secara berlebihan dan terus-menerus, tingginya kolesterol inilah yang dapat memicu penyakit jantung.

2. Menyebabkan tekanan darah tinggi

Selain dapat memicu penyakit jantung, kolesterol jahat yang terkandung dalam gorengan juga dapat berisiko menyebabkan tekanan darah tinggi. Mengkonsumsi terlalu banyak lemak trans yang berasal dari gorengan akan meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh Anda yang mana dapat memperburuk hipertensi.

Bagi penderita darah tinggi dan penderita kolesterol dianjurkan untuk menghindari konsumsi gorengan secara berlebih, atau untuk mengurangi dampaknya gunakan gorengan minyak pertama.

3. Meningkatkan risiko penyakit kanker

Selain menjadi makanan penyebab darah tinggi, gorengan dapat menyebabkan penyakit kanker. penyakit kanker timbul karena penggunaan minyak goreng yang jarang diganti selain itu, biasanya penjual gorengan pinggir jalan memakai kertas koran atau kertas bekas sebagai wadah pembungkus.

Hal ini patut kita waspada karena tinta yang menempel pada kertas bekas mengandung senyawa kimia yang berbahaya jika sampai masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, muncul berbagai risiko kesehatan seperti kanker terutama kanker usus besar dan berbagai penyakit kronis yang berhubungan dengan organ pencernaan.

4. Penyebab kegemukan

Salah satu bahaya makan gorengan setiap hari yang menjadi musuh banyak orang terutama bagi wanita yaitu kegemukan. Pada umumnya, orang memakan gorengan tidak cukup hanya satu atau dua buah.

Padahal jika seseorang mengkonsumsi terlalu banyak gorengan, hal itu akan menyebabkan kalori atau energi yang disimpan tubuh berlebih sehingga timbullah tumpukan lemak. Kandungan lemak yang tinggi inilah yang menjadi penyebab naiknya berat badan.

5. Meningkatkan risiko terkena diabetes

Diabetes biasanya terjadi pada seseorang yang sering mengkonsumsi makanan kurang sehat, seperti terlalu banyak gula dan kalori. Tak hanya itu, mereka yang makan gorengan secara berlebihan juga bisa terkena penyakit ini. Tentu saja, minyak goreng yang dipakai berulang-ulang menjadi salah satu faktor meningkatnya risiko terkena penyakit diabetes.

6. Penyebab radang tenggorokan

Tak dapat dipungkiri bahwa gorengan menjadi salah satu makanan penyebab radang tenggorokan. Minyak goreng bekas dan kotor dapat mengakibatkan tenggorokan kering bahkan memicu risiko batuk kronis karena infeksi saluran tenggorokan. Senyawa akreolin yang dihasilkan dari endapan minyak goreng bekas menyebabkan tenggorokan terasa gatal karena iritasi dan panas dalam.

7. Menyumbat pembuluh darah

Terlalu sering makan gorengan juga dapat meningkatkan kandungan trigliserid atau lemak dalam darah. Jika lemak tersebut tertimbun dalam darah maka dapat berubah menjadi plak.

Penumpukan plak di pembuluh arteri yang biasa disebut Arterosklerosis ini lama kelamaan akan mengeras dan menyumbat pembuluh darah serta menghambat peredaran darah. Penyumbatan pembulu darah pada jantung dapat mengakibatkan penyakit stroke, serangan jantung, jantung koroner dan bisa mengakibatkan kematian mendadak.

8. Penyebab timbulnya jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang umum diderita oleh semua orang. Konsumsi gorengan yang berlebihan akan membuat kulit berminyak sehingga membuat kotoran, debu dan polusi menempel pada kulit yang akhirnya akan menyumbat pori-pori dan menjadi jerawat. Oleh sebab itu, hindari makan gorengan dan perbanyak minum air putih agar produksi minyak berkurang.

Setelah mengetahui efek buruk konsumsi gorengan, Anda sebaiknya lebih bijak dengan membatasi tingkat konsumsi gorengan supaya terhindar dari efek buruk tersebut. Jagalah selalu kesehatan Anda dengan berhati-hati dalam mengkonsumsi berbagai jenis makanan dan juga rutin berolahraga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here